12 Desa di PALI Akan Menggelar Pilkades Serentak Pada 27 Oktober Mendatang

SWARNANEWS.CO.ID, PALI| Untuk ketiga kalinya di Bumi Serepat Serasan, digelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak yang dijadwalkan akan digelar pada tanggal 27 Oktober 2021.

Untuk, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten PALI, menggelar sosialisasi Pilkades Serentak, Kamis (29/7/2021) di ruang rapat Kantor Bupati PALI, dengan dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati PALI, Drs. H. Soemarjono, serta dihadiri Forkopimda kabupaten PALI, Kapolres PALI, AKBP Rizal Agus Triadi, SIk, Dandim 0404 Muara Enim PALI, Ketua KPU PALI, sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD), serta para camat se-kabupaten PALI dan panitia Pilkades di 12 desa yang akan menggelar Pilkades.

Dikatakan Kepala DPMD Kabupaten PALI, A. Gani Akhmad bahwa pilkades serentak direncanakan akan digelar pada 27 Oktober 2021 mendatang.

“Total ada 12 desa yang akan menggelar Pilkades, seperti kecamatan Talang Ubi, yakni desa Sinar Dewa dan desa Benakat Minyak, kecamatan Tanah Abang yakni desa Raja dan desa Sukaraja, kecamatan Abab, yakni desa Betung Barat,” terang A. Gani.

“Selain itu, di kecamatan Penukal Utara ada empat desa, antara lain desa Tambak, desa Kotabaru, desa Karang Tanding dan desa Sukarami. Serta di kecamatan Penukal, desa Raja Jaya, desa Purun, dan desa Spantan Jaya,” tambahnya.

Ditegaskan A. Gani dalam pelaksanaan Pilkades harus tetap mematuhi protokol kesehatan. “Karena saat ini, kabupaten PALI sedang berada di level 3 Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Jangan sampai naik ke level 4. Karena apabila naik ke level 4 PPKM, terpaksa Pilkades serentak ditunda,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Bupati PALI Drs. H. Soemarjono mengatakan bahwa Pilkades tidak hanya sebagai menyalurkan aspirasi masyarakat, akan tetapi Pilkades merupakan instrumen dalam memilih pemimpin dari, oleh dan untuk masyarakat.

“Sehingga, pada pelaksanaannya nanti, calon kades harus memiliki kesadaran demokrasi. Menang dan kalah itu biasa, karena dalam pertarungan, tidak ada yang menang semua, pun sebaliknya tidak ada yang kalah semua,” kata politisi partai Golongan Karya itu dalam sambutannya.

Ia berpesan kepada calon kades, untuk berfikir seperti Khalifah Umar bin Khattab. “Ia menangis saat ditunjuk menjadi khalifah, karena beban dan tanggungjawab yang besar menanti di depan mata. Dan jangan pernah memikirkan ADD dan DD yang besar,” kata Wabup.

“Kepada panitia Pilkades, saya berpesan untuj berlaku adil dan profesional serta menghindari sekecil apapun potensi keributan. Dan yang pastinya, bekerjalah clean dan clear sesuai aturan yang berlaku,” tutupnya.

Teks: Sangkut
Editor: Sarono PS

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait