14 Orang Lansia Desa Talang Ipuh Ikut Vaksinasi C-19

SWARNANEWS.CO.ID, BANYUASIN | Pemerintah Desa (Pemdes) Talang Ipuh bekerjasama dengan UPTD Puskesmas Suak Tapeh, melakukan vaksinasi bagi masyarakat lanjut usia (lansia). Adapun jumlah yang akan divaksin tahap pertama dibatasi maksimal 14 lansia, bertempat di Kantor Desa Talang Ipuh Kecamatan Suak Tapeh Kabupaten Banyuasin, Selasa (15/6/2021).

Ardina, kades Talang Ipuh menyampaikan, bahwa para lansia mengikuti vaksin ini penuh antusias dan melakukan antrian dengan tertib.

”Alhamdulillah warga kami sangat antusias dan penuh semangat dalam kegiatan vaksin lansia hari ini. Mereka sudah menyadari tentang manfaat divaksin. Terlihat dari semangat kehadiran dan tertibnya antrian untuk divaksin,“ tutur Ardina.

Ardina juga menjelaskan bahwa vaksinasi tahap pertama ini dibatasi 14 lansia. Dan akan dilaksanakan dihari berikutnya agar prokes tetap dipatuhi.

“Hari ini ada 14 lansia dan terus bertahap. Ketentuan lansia itu minimal umur 59 tahun ke atas dan peserta paling tua hari ini sekitar umur 76 tahunan lebih,” ujar dia.

Dalam kesempatan itu juga tampak hadir Ketua BPD Talang Ipuh Eta Ismanto, S.Sos, Babinsa Talang Ipuh Sertu Sopyan, bidan desa dan seluruh perangkat desa dan jajaran Perangkat Desa Talang Ipuh. Kegiatan ini dilaksanakan kerjasama antara Pemdes Talang Ipuh dan Puskesmas Suak Tapeh.

Dalam kesempatan yang sama Ketua BPD Talang Ipuh Eta Ismanto, S.Sos mengatakan, kesadaran warga untuk mengikuti vaksinasi saat ini sangat antusias, sehingga rasa takut dan cemas tidak tampak.

“Warga tampak antusias dan tertib antrian untuk ikut vaksinasi lansia ini. Dan kegiatan ini diikuti 14 lansia yang akan bertahap terus akan dilaksanakan vaksinasi yang diprioritaskan untuk lansia karena masih banyak yang belum tersentuh,” ujar Eta sapaan akrabnya.

Harapan Eta Ismanto, dalam kegiatan vaksinasi lansia ini agar masyarakat lebih menyadari akan pentingnya menjaga kesehatan. “Kami berharap agar kegiatan ini bisa memberikan kesadaran kepada masyarakat untuk selalu mematuhi protokol kesehatan, walaupun sudah divaksin,” kata dia.

“Dan juga bisa memahami pentingnya kesehatan sekaligus menyadari bahwa ternyata pemerintah itu sangat perhatian dan peduli masyarakatnya,” pungkas dia.

Sementara Babinsa Talang Ipuh Sertu Sopyan yang terjun langsung ke desa binaannya bersinergi bersama Forkompincam Suak Tapeh, melaksanakan pendampingan dan pemantauan pelaksanaan vaksinasi kepada Lansia, yang dilaksanakan oleh petugas medis Puskesmas Suak Tapeh.

“Kegiatan pemberian Vaksin Covid-19 tahap ke 1 terhadap para Lansia di Desa Talang Ipuh ini, terlebih dahulu sebelumnya peserta melaksanakan pendaftaran. Kemudian tahap screening atau pemeriksaan baik suhu, tensi serta gula darah calon peserta,” kata Sertu Sopyan.

Selanjutnya jelas dia, bagi yang memenuhi syarat dilanjutkan untuk melaksanakan Vaksinasi. Setelah melaksanakan Vaksin peserta harus menunggu kurang lebih 30 menit untuk dilaksanakan observasi, mengantisipasi apabila terjadi Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) sehingga dapat dilakukan tindakan secepatnya.

Lebih lanjut dikatakan dia, bahwa dalam pelaksanaan kegiatan vaksinasi, kehadiran aparat keamanan di sini untuk memastikan kelancaran dan ketertiban pelaksanaan Vaksinasi Lansia tersebut.

“Harapan kami selama pelaksanaan Vaksinasi ini dapat berjalan lancar, tidak ada kendala ataupun hambatan yang terjadi,” tutur dia.

Dia berujar kalau pihaknya selalu menghimbau kepada para peserta penerima vaksin, meskipun sudah divaksin diharapkan tetap mematuhi protokol kesehatan yang sudah dianjurkan pemerintah. ”Tetap disiplin dalam penerapan Protokol Kesehatan, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menjaga jarak, memakai masker dan menghindari kerumunan,” imbuh dia.

Ditambahkannya, terkait hal ini, pihaknya
akan selalu melaksanakan pendampingan dan pemantauan dalam setiap kegiatan Vaksinasi. ”Dikarenakan hal ini merupakan tugas dan tanggung jawab sebagai aparat teritorial, hal ini merupakan wujud nyata peran Babinsa dalam rangka menjaga keamanan dan kondusivitas wilayah,” pungkas dia. (*)

Teks : Nasir
Editor : Maya

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait