197 KPM Air Senggeris Banyuasin Terima BLT

SWARNANEWS.CO.ID, BANYUASIN | Sebanyak 197 keluarga penerima manfaat (KPM) Desa Tanjung Laut menerima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) Tahap II. Masing-masing KPM menerima Rp 300 Ribu per bulan, untuk 12 bulan. Hal itu disampaikan Kades Tanjung Laut Samsul Bahri saat menyalurkan BLT-DD, Minggu (30/5/2021).

Kegiatan tersebut berlangsung di Kantor Desa Tanjung Laut Kecamatan Suak Tapeh Kabupaten Banyuasin. Selain dihadiri Kades Tanjug Laut beserta jajaran perangkat desa, juga hadir Ketua dan Anggota BPD Desa Tanjung Laut, Pendamping Desa Kecamatan Suak Tapeh Pebri Wansyah, ST, Bhabinsa serta Babinkamtibmas Brigpol Gandhi Prianata, SH.

Kades Tanjung Laut Samsul Bahri mengatakan, bahwa Pemerintah Desa Tanjung Laut kucurkan dana sebesar Rp. 59.100.000.00 untuk alokasi dana Bantuan Langsung Tunai Dana Desa tahun 2021. Pada Tahap II ini kepada 197 KPM untuk bulan Maret.

”Sebelumnya kita telah merealisasikan BLT-DD tahap I untuk bulan Januari dan bulan Februari,” kata Kades Samsul Bahri.

Lebih lanjut dikatakan Samsul Bahari, yang biasa disapa Sulba ini menjelaskan, bahwa Pemdes Tanjung Laut menyiapkan alokasi anggaran untuk KPM tersebut dalam program penanganan dampak pandemi Covid-19.

Bersumber dari dana desa (DD) 2021, untuk 12 bulan senilai Rp.709.200.000,00 bagi 197 KPM dimana masing-masing KPM akan menerima Rp.3.600.000,00 selama setahun.

“Khusus untuk program bantuan BLT DD di wilayah Desa Tanjung Laut, untuk tahun ini jumlah KPM tidak mengalami penurunan saya berharap, dana BLT DD yang diserahkan tersebut, bisa dimanfaatkan KPM yang ada di wilayah Desa Tanjung Laut untuk berbagai kegiatan, termasuk membuka usaha secara mandiri, sehingga memberi manfaat lebih bagi aktivitas keluarga masing-masing,” harap dia.

Sementara Pendamping Desa Kecamatan Suak Tapeh Pebri Wansyah, ST yang ikut mendampingi kegiatan r=rrrrrrrrrr merupakan bentuk tanggung jawab Pemerintah Desa mengacu kepada Peraturan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2020 Tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2020.

Besarnya bantuan yang telah diterima langsung sebesar Rp. 300 Ribu perKPM dan telah diserahkan kepada 197 KPM. “Dan saya berharap agar uang ini dapat digunakan sebaik mungkin dan dapat membantu meringan beban ekonomi dikalangan masyarakat Desa Tanjung Laut yang terdampak Covid-19.”

Pebri Wansyah berpesan kepada masyarakat agar kiranya bersatupadu melawan Covid-19. Dengan cara selalu memperhatikan himbauan dari protokol kesehatan dan harapan bantuan BLT ini dimanfaatkan semaksimal mungkin ditengah wabah corona.

”Mari kita bersama-sama melawan covid ini dengan cara mengikuti himbauan protokol kesehatan dan saya berharap semoga bantuan ini dapat bermanfaat untuk kebutuhan harian,”pungkasnya. (*)

Teks : Nasir
Editor : Maya

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait