Ketua MPR: Menghargai kemanusiaan bagian dari Pancasila

Swarnanews.co.id |Ketua MPR, Zulkifli Hasan, menegaskan, menghargai nilai-nilai kemanusiaan merupakan bagian dari pemahaman Pancasila.

Hasan saat bertemu dengan lebih dari seratus mahasiswa Universitas Balikpapan, Kamis, mengatakan, salah satu sikap peduli pada nilai-nilai kemanusiaan adalah menghentikan kekerasan, termasuk yang dialami etnis Rohingya.

Hasan mengajak semua pihak untuk mendorong dihentikannya kekerasan sehingga nilai kemanusiaan bisa dihargai.

Dia mengatakan kesadaran menerapkan nilai-nilai Pancasila penting untuk diterapkan.

Dalam bagian lain paparannya, Hasan mengatakan, kesadaran politik masyarakat harus terus ditingkatkan melalui pemahaman hak dan kewajiban sebagai warga negara.

Pemahaman tentang hak dan kewajiban warga negara khususnya di bidang politik, kata Hasan memberikan pengaruh terhadap peningkatan kualitas politik nasional.

Menurut Hasan, salah satu yang paling penting adalah bagaimana masyarakat bisa menggunakan hak pilih setelah sebelumnya memastikan kualitas pemimpin atau perwakilannya di parlemen.

“Miliki nilai-nilai kehidupan. Jangan menghalalkan segala cara. Ketika suatu bangsa tidak memilki nilai hidup, maka menuju kehancuran semua ukurannya menjadi uang maka korupsi masih jadi terjadi, jangan memilih karena uang,” tegasnya.

 

Sumber Antara

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait