FH Unsri Bertekad Selalu Menghasilkan Alumni Terbaik

SWARNANEWS | Sebagai salah satu fakultas hukum  (FH)yang terbaik di tanah air,  FH  Universitas Sriwijaya (Unsri) terus bertekad untuk membentuk mahasiswa yang bermutu sehingga menjadi  lulusan yang berkualitas. Pernyataan itu dikemukakan oleh Dekan FH Unsri, Dr. Febrian, SH, MS

“Untuk itu berbagai langkah dan terobosan yang penting senantiasa kami lakukan demi  memperbaiki kualitas FH Unsri,” ujar Febrian kepada Swarnanews.co.id, Senin (18/9).

 

Menurut pria yang energik dan terkenal tegas dalam menegakkan disiplin ini, sebagai  salah satu dari 8 FH Terbaik di Indonesia, FH  Unsri tentu  terus berbenah diri dari waktu ke waktu. Sebab dari jumlah itu, lima FH perguruan tinggi negeri (PTN) terkemuka yang ada di Pulau Jawa. Sementara tiga lainnya adalah FH Unsri, FH Universitas Sumatera Utara (USU) di Medan, dan FH Univeristas Hasanuddin (Unhas) di Makassar.

Menurut Febrian dengan status FH Unsri itu itu maka para dosen di fakultas hukum  Unsri ini selalu diikutsertakan dalam semua kegiatan studi hukum di berbagai perguruan tinggi. Baik di dalam negeri maupun   di luar negeri.

Saat ini ,  FH Unsri kini memiliki dua kampus. Keduanya adalah Kampus FH Unsri Indralaya Kabupaten Ogan Ilir dan Kampus FH Unsri Palembang.

 

Dalam membina dan memajukan FH Unri tersebut saat ini Febrian dibantu oleh Pembantu Dekan I : Dr. Firman Muntaqo, S.H., M.Hum, Pembantu Dekan II : Dr. Ridwan, SH., M.Hum dan Pembantu Dekan III : Dr. H. Abdullah Gofar, SH., MH.

 

Beberapa waktu lalu sebanyak 190 mahasiswa FH Unsri juga , secara resmi dilantik sebagai alumni melalui yudisium, di Gedung Tower FH Unsri.

Dari 190 alumni FH Unsri, tambah Febrian  sebanyak  137 alumni Sarjana Hukum, 18 orang Magister Kenotariatan, 34 orang alumni Magister Hukum, dan 1 orang Doktor ilmu hukum.

Salah satu alumni Magister Hukum yang melaksanakan rapat senat terbuka dalam rangka pelantikan/pelepasan yaitu Dirut CT Hendra Saputra. Setelah menjalankan pendidikan selama 3 tahun 11 bulan, Hendra akhirnya menyandang S2 hukum.

Dimana, tesis yang diambil mengenai Analisis yuridis pelanggaran Pemilukada, dalam tindak lanjut putusan MK (studi kasus Pilkada Palembang 2013).

Menurut Febrian tantangan ke depan akan semakin besar untuk itu para mahasiswa yang kuliah di FH Unsri agar benar-benar menggali ilmu sebaik-baiknya.

 

Dirinnya sendiri selaku orang nomor satu di FH Unsri terus berjuang agar FH Unsri menjadi unggul dan memiliki kualitas.

“Jadi, apa yang kurang kedepannya harus tetap dibenahi, agar tetap unggul. Persoalan sekarang efisiensi segalanya, harus mampu ke sektor lebih luas,”ujarnya.

Mengenai Akreditas khusus S1 FH Unsri yang sudah A, sebagai pimpinan seyogyanya ia akan mempertahankan, akan tetapi tetap akan ditingkatkan melihat persaingan yang ada saat ini.

“Memang kita sudah akreditasi A, tetapi harus lebih baik lagi menjadi A standar internasional bukan nasional saja. Maka sarana dan prasarana, wifi, akademik, toilet, pelayanan, pendidikan dan sebagainya harus diperbaiki serta ditingkatkan,”ungkapnya.

Sementara, Kepala Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminann Mutu Unsri Saparuddin menyatakan, Fakultas Hukum unsri ke depan harus terus meningkatkan kemampuan dalam membina mahasiswa yang semakin bertambah.

Mengingat pada tahun 2016, terdapat sekitar 7 ribuan mahasiswa baru yang masuk, sehingga total mahasiswa Unsri saat ini sekitar 30 ribuan.

“Rata-rata kelulusan di Unsri jauh meningkat. Dulu bisa 4,5 sampai 4,7 tahun. Tapi sekarang rata-rata 4,2 tahun, atau semakin pendek, dan banyak yang lulus dengan pujian,”tuturnya.

 

Editor Sarono P Sasmito

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait