Tingkatkan Kemampuan dan Profesionalisme Satpam, Polres Pagaralam Gelar Pelatihan

Swarnanews.co.id |Polres Pagaralam melalui Binmas melaksanakan Pelatihan bagi Satpam se Kota Pagaralam. Yang dilaksanakan di Mapolres Kota Pagaralam, Selasa ( 19/9). Kapolres Pagaralam AKBP Dwi Hartono S,Ik MH turun langsung memberi pengarahan kepada para peserta  pelatihan Satuan Pengamanan (Satpam), untuk selalu sigap dalam kerja dan menjalankan SOP kerja serta peningkatan dan mutu kinerja Satpam . Kondisi tersebut sangat penting di lingkungan kerja masing masing karena Satpam adalah mitra Polri.

Kapolres Pagaralam AKBP Dwi Hartono,S,Ik Mh didampingi Kasat Binmas AKP Martono saat diwawancarai Swarnanews.co.id, mengungkapan, Satpam sebagai warga sipil yang diberi kewenangan terbatas sesuai dengan peraturan. Oleh karena itu Satpam harus mempunyai kemampuan fungsi kepolisian untuk menjalankan tugasnya secara terbatas di lingkungan perusahaannya masing masing. Satpam sebagai ujung tombak Kamtibmas juga wajib berkoordinasi dengan pihak kepolisian,”  ujarnya.

Dengan diadakan pelatihan dan pendidikan tersebut, dirinya berharap dapat menghasilkan Satpam yang memiliki sikap mental kepribadian, kesamaptaan fisik dan memiliki pengetahuan serta keterampilan dasar sebagai pelaksanaan tugas di lingkungan kerjanya masing-masing.

Kehadiran seluruh satpam dari berbagai instansi, sekolah,kantor, dinas instansi yang ada di wilayah  Kota Pagaralam serta Bandara Atung Bungsu dan Rumah Sakit.

Kapolres juga meminta agar para satpam  memiki dua hal yang harus mereka pahami juga selaku mitra Polri. Pertama adalah teori yang berhubungan dengan jam kantor kapan kantor dibuka dan kapan akan ditutup yang keduanya adalah praktek. Dalam  hal ini Satpam harus di lengkapi dengan ketangkasan drill borgol dan drill tongkat minimal sekali baris berbaris.

Di ruang terpisah Bripka Heri PS  Kanit Kamsa Binmas Polres Pagaralam  mengungkapkan, “ Alhamdulilah antusias para peserta sangat besar seperti hari ini hampir 90% peserta satpam yang bertugas di Pagaralam menghadiri undangan kami dan mengikuti pelatihan ini.” tegasnya.

Kegiatan ini akan menjadi agenda rutin setiap bulan selain pelatihan pihaknya  juga mengharapkan pelatihan ini menjadi ajang sarana komunikasi karena Satpam adalah mitra Polri yang sama sama memiliki tujuan memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat umumnya dan pada khususnya  di lingkungan masing masing kerja.

Sementara itu  kuasa direktur dari perusahaan Arnoldy Sigap Wibawa (ASW)  yang menaungi satpam dari Bandara Atung Bungsu yakni  Hairul Pansah S. Hut mengungkapkan, “Selaku pihak perusahaan sangat mengapresiasi

Polres Pagaralam yang dalam hal ini telah mengagendakan kegiatan Pelatihan Pembinaan Satpam setiap bulan untuk mensinergikan tugas pokok dan fungsi satpam sebagai mitra Polri. Selain  itu ajang kegiatan ini sebagai tali silaturahmi antara Satpam dan Binmas juga antar Satpam Se kota Pagaralam tanpa membedakan asal perusahaan dan instansi tempat lokasi bekerja mereka.

Teks: Rina S

Editor: Sarono P Sasmito

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait