Wiranto tekankan pentingnya menjaga Pancasila

SWARNANEWSMenteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto, menekankan pentingnya seluruh elemen bangsa untuk menjaga Pancasila dalam orasinya pada apel akbar Pancasila dan Bela Negara di Universitas Islam Negeri UIN Raden Fatah, Palembang, Kamis (28/09/2017).

Wiranto menyebut ancaman ideologi lebih berbahaya daripada ancaman militer. Termasuk paham-paham radikal yang dapat memecah belah bangsa karena ideologi yang menyimpang dari Pancasila.

“JIka ada pihak yang ingin mengganti ideologi pancasila harus kita lawan. Seluruh elemen masyarakat harus melawan gerakan yang akan mengganti ideologi, tidak hanya TNI atau Polri saja,” ujar Wiranto

Acara yang diikuti oleh 5.000 mahasiswa se-Sumatera Selatan ini bertujuan untuk menanamkan ideologi dan memupuk rasa nasionalisme terhadap bangsa serta menolak seluruh gerakan radikalisme yang mengancam persatuan dan kesatuan negara.

“Ingat, dalam mempertahankan bangsa Indonesia para pahlawan bertaruh dengan nyawanya, bertaruh jiwa raga hanya untuk kemerdekaan. Perjuangan para pendahulu memang cukup berat sehingga kemerdekaan sekarang ini harus diisi yang terbaik,” katanya dihadapan mahasiswa

Wiranto merasa prihatin lantaran rasa cinta tanah air pada generasi muda penerus bangsa mulai luntur. Apalagi tantangan di era modern saat ini akan semakin berat ke depan.

“Rasa memiliki sudah berkurang sehingga perlu dibangkitkan kembali,” kata Wiranto ketika diwawancarai setelah apel

Sementara, Gubernur Sumsel, Alex Noerdin menyambut baik atas dilaksanakannya komitmen bela negara yang dilaksanakan mahasiswa sekarang.

“Sumsel tidak terjadi konflik dan itu tidak boleh terjadi,” Jelas Alex Noerdin.

Apel diakhiri dengan menandatangani Deklarasi Setia Pancasasila dan Siap Bela Negara di di Lapangan Hijau kampus yang lebih dikenal kampus biru tersebut.

 

Penulis : Fauzan

Editor   : Sarono

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait