Kota Palembang tambah truk sampah

Swarnanews.co.id |Kota Palembang akan menambah jumlah truk sampah untuk merespon perkembangan kota menjelang perhelatan Asian Games XVIII tahun 2018.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Palembang Faizal AR di Palembang, Sabtu, mengatakan, data Pemkot Palembang menyebutkankan volume sampah perhari mencapai 850-900 ton, sedangkan pada hari libur mencapai 1.200 ton.

“Pemkot berencana menambah tiga unit Fuso menggunakan APBD 2018 untuk merespon tingginya volume sampah,” kata Faizal.

Ia mengatakan jumlah mobil sampah di Palembang belum ideal sehingga pemkot juga mengajukan penambahan jumlah mobil angkutan sampah Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI untuk tahun 2018.

“Kemungkinan Palembang akan dapat tambahan lima unit mobil pengangkut sampah 2018 mendatang,” kata dia.

Selain membenahi infrastruktur, Kota Palembang tertarik memiliki insinerator (tungku pembakaran) sampah untuk menyelesaikan persoalan menggunungnya sampah di Tempat Pembuangan Akhir Sukawinatan.

Palembang memang dibutuhkan langkah efektif untuk mempercepat pengurangan tumpukan sampah karena sampah yang dikumpulkan tidak semuanya dapat dikelola bank sampah, para pemulung, dan lainnya.

Akan tetapi, untuk memuluskan rencana ini bukan perkara mudah karena untuk membuat satu inserator dibutuhkan dana cukup besar karena teknologi yang digunakan tergolong canggih.

“Beberapa pertemuan sudah dilakukan dengan JICA (Japan International Cooperation Agency) untuk membicarakan adanya investor yang akan menanamkan modalnya terkait pengelolaan sampah dengan insinerator ini,” kata dia.
Editor: Sarono PS

Sumber Antara

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait