Dinkes OKI : Warga Mesti Jaga Keamanan Poskesdes

KAYUAGUNG SWARNANEWS.CO.ID |Dinas Kesehatan (Dinkes) OKI meminta masyarakat OKI dapat berperan aktif dalam menjaga kondusifitas, termasuk keamanan petugas kesehatan selama menjalankan aktivitas sehari-hari. Hal ini dimaksudkan agar petugas di Pos Kesehatan Desa (Poskesdes) dapat memberikan pelayanan kesehatan maksimal terhadap masyarakat.


“Perlu diketahui bahwa Poskesdes itu adalah upaya kesehatan bersumber daya masyarakat (UKBM) yang dibentuk di desa dalam rangka mendekatkan atau menyediakan pelayanan kesehatan dasar masyarakat desa. Jadi, peran serta masyarakat yang diutamakan, termasuk berkomitmen menjaga keamanan petugas ataupun bidan agar dapat memberikan pelayanan kesehatan di tingkat desa,” kata Kepala Dinas Kesehatan OKI, H M Lubis SKM., M.Kes, melalui Sekretaris Dinkes OKI, Iwan Setiawan, SKM., M.Kes, Selasa (31/10).

Persoalan tidak difungsikannya Poskesdes di Desa Tanjung Beringin, Kecamatan Tanjung Lubuk, OKI, kata Iwan, sebenarnya dapat diatasi jika peran aktif masyarakat dalam menjaga keamanan petugas kesehatan berjalan maksimal.

Berdasar keterangan dari pimpinan puskesmas, sambung Iwan, tercatat ada dua bidan yang bertugas di Poskesdes Tanjung Beringin.

“Kami akui dalam beberapa bulan terakhir, keberadaan Poskesdes Tanjung Beringin tidak difungsikan disana sehingga kondisi poskesdes terkesan tak terawat. Tapi, pimpinan puskesmas, bidan dan kades sepakat memberikan pelayanan kesehatan di rumah kades. Kami hanya mengkhawatirkan persoalan keamanan petugas kesehatan, termasuk distribusi obat-obatan dan peralatan kesehatan. Bukan berarti pelayanan kesehatan tidak berjalan, tapi lokasinya dialihkan ke rumah kades,” jelas Iwan.

Dia pun mengaku kalau keberadaan bangunan Poskesdes Tanjung Beringin itu telah direhabilitasi dan merupakan kerjasama antara TNI dengan puskesmas dan desa setempat.

“Ya, kami berharap juga agar masyarakat dapat menjaga kondusifitas dan keamanan petugas kesehatan serta mengajak masyarakat bersama-sama menjaga keberadaan poskesdes,” tuturnya.

Editor: Sarono PS

Sumber Beritamusi.com

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *