Hj Sinta Paramita Sari Kembali Jabat Ketua PMI Muaraenim

SWARNANEWS | MUARAENIM Dalam pemilihan kepengurusan Palang Merah Indonesia (PMI) periode 2017-2022, dr Hj Sinta Paramita Sari, kembali terpilih secara aklamasi untuk memimpin PMI periode kedua dalam Musyawarah Kabupaten (Muskab) di Hotel Griya Serasan Sekundang Muaraenim, Sabtu (4/11/2017).

Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Muaraenim Ir H Muzakir, Ketua PMI Palembang Joni Barmansyah, Ketua PMI Kabupaten Muaraenim DR Hj Sinta Paramita Sari SH MHum, dan 100 anggota PPK se-Kabupaten Muaraenim.

Menurut Sinta, Muskab Muaraenim ini adalah agenda lima tahunan PMI sebagai pertanggungjawaban pengurus masa bakti tahun 2012-2017.

 Sesuai anggaran dasar PMI, bahwa musyawarah adalah pemegang kekuasaan tertinggi dalam wilayah kerja Kabupaten dalam menetapkan dan menilai pertangungjawaban pengurus, program lima tahun dan memilih pengurus baru.

“Kami ucapkan terimakasih kepada Pemkab Muaraenim yang membantu kelancaran dalam operasional selama ini,” ujar Sinta.

Dikatakan Sinta, Unit Transfusi Darah (UTD) PMI, walaupun sebagian gedung masih digunakan oleh RSUD untuk penyimpanan barang-barang bekas RSUD, untuk kedepan dapat diserahkan sepenuhnya ke PMI sehingga bisa digunakan sebagai ruangan Laboratorium dan Tempat Pelatihan Anak-anak Palang Merah Remaja (PMR).

Saat ini, lanjut Sinta, untuk meningkatkan pelayanan kepada untuk memenuhi 400 kantong darah perbulan, PMI sangat membutuhkan satu unit mobil donor darah untuk ke perusahaan-perusahaan, sedangkan yang ada sekarang ini baru satu unit dari PTBA untuk ke daerah-daerah.

Kemudian kulkas tempat penyimpanan darah tidak mencukupi hanya bisa menampung sekitar 50 -80 kantong darah. Kemudian mobil minibus untuk operasional kegiatan donor darah untuk mobilitas tenaga medis.

Sementara Bupati Muaraenim Ir H Muzakir Sai Sohar, Palang Merah Indonesia adalah organisasi sosial yang tertua di Indonesia berdiri sebulan setelah Indonesia merdeka.

Dalam roda organisasi, tentu perlu evaluasi dan membuat program-program yang menyentuh kebutuhan rakyat sehingga keberadaan organisasi Palang Merah Indonesia akan semakin terasa manfaatnya bagi masyarakat, khususnya masyarakat Kabupaten Muaraenim.

Untuk itu, perlu memilih pengurus yang benar benar akan memajukan organisasi ini.

Dikatakan Muzakir, Palang Merah Indonesia sudah banyak berkiprah seperti, penyediaan darah bagi masyarakat, pembinaan generasi muda juga perbantuan dalam hal penangulangan bencana, baik itu bencana alam maupun bencana yang diakibatkan oleh ulah manusia.

PMI adalah organisasi sosial yang membantu pemerintah sesuai dengan tugasnya yaitu “meringankan penderitaan bagi sesama apapun sebabnya”. Dalam melaksanakan tugas Palang Merah

Indonesia selalu dan senantiasa memegang prinsip kepalangmerahan yaitu Kemanusiaan, Kesamaan, Kenetralan, Kemandirian, Kesukarelaan, Kesatuan, dan Kesemestaan.

Prinsip-prinsip dasar tersebut, merupakan pedoman dalam menyusun rencana program, dan kebijakan serta semua aktifitas di semua jenjang palang merah Indonesia beserta unit -unit yang berda di bawah Palang Merah Indonesia.

 

Editor: Sarono PS

Sumber: Sripo.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait