Pesan Jokowi dan Iriana untuk Pernikahan Kahiyang Ayu

SWARNANEWS.CO.ID,  SOLO |Proses siraman dan sungkeman Kahiyang Ayu telah usai. Para tamu dan keluarga pun satu per satu meninggalkan kediaman Joko Widodo (Jokowi).

Tak lama, Presiden Jokowi terlihat duduk santai di seberang rumah bersama sejumlah tamu. Jokowi kemudian bersama Iriana, Kaesang, dan Gibran bersedia berbincang dengan awak media.

“Siraman telah selesai. Alhamdulillah semuanya berjalan lancar baik mulai dari awal sampai akhir,” ujar Jokowi, Selasa (7/11).

Jokowi menjelaskan, proses siraman itu memiliki filosofi tersendiri. Siraman bisa diartikan untuk menghilangkan, atau membersihkan noda-noda yang tidak baik, baik dalam hati maupun dalam pikiran yang melekat pada badan pengantin.

Jokowi menuturkan, rasa haru ketika sungkeman memang sangat terasa. Sebab, bagaimanapun Kahiyang merupakan putri semata wayang yang sejak kecil hingga besar terus bersama keluarga. Namun, esok hari, setelah Ijab qabul Kahiyang akan mandiri dan membangun keluarga sendiri.

“Kita berdoa dan mohon doa restu agar Kahiyang Ayu dan Muhammad Bobby Afif Nasution bisa membangun keluarga yang sakinah, mawadah, warohmah,” kata Jokowi.

Dia mengatakan, ada beberapa patah kata yang disampaikan Jokowi kepada Kahiyang. Salah satunya meminta Kahiyang agar berhati-hati membina rumah tangga, dan perlu kesabaran ketika berkeluarga.

Iriana yang ditanya mengenai pesan untuk Kahiyang hanya mengatakan bahwa pesan dia mirip dengan apa yang disampaikan Jokowi. “Pesannya sama kaya bapak,” ujarnya.

Editor: Sarono PS

Sumber: Republika

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait