Inovasi Bank Sampah di Dua Desa Ini, Diharapkan Jadi Contoh Desa Lain

SWARNANEWS | Baturaja – Bupati Ogan Komering Ulu (OKU) Drs H Kuryana Azis, sangat memberikan apresiasi dan penghargaan kepada desa Durian dan Desa Makartitama Kecamatan Peninjauan yang telah membuat inovasi program bank sampah. Dikatakan Kuryana dengan adaya inovasi di dua desa tersebut sangat mendukung program kebersihan dan lingkungan hidup.

“Dengan adanya bank sampah di dua Desa ini sebagai salah satu obyek tambahan penilaian adipura, yang juga di dukung oleh program kampung iklim (Proklim),”ujar Kuryana.

Yang mana kata Bupati, Proklim dan bank sampah tersebut di kelola secara swadaya oleh masyarakat yang di dukung dengan dana desa. “Khusus untuk desa Makartitama juga tidak terlepas dari peran serta pembinaan dari JOB Pertamina Jadestone,”ucap Kuryana.

Dia berharap, inovasi dua desa (Durian dan Makartitama) di OKU ini dapat menjadi contoh bagi desa lain untuk terus berinovasi dengan melibatkan semua lapisan masyarakat, “Nantinya akan tumbuh dan berkembang inovasi baru dalam membangun desa secara mandiri,”harap Kuryana.

Camat Peninjauan Feri Iswan menambahkan, Desa Makartitama di tahun 2017 mewakili OKU untuk mengikuti penilaian lomba UP2K PKK tingkat Provinsi. “Penilaiannya dilakukan hari ini (8/11) semoga kita meraih juara dan mewakili Provinsi untuk tingakat Nasional”pungkas Camat.

Pantauan dilapangan, rangkaian kegiatan Bupati OKU didampingi Pejabat di Lingkup Pemkab OKU, dan Unsur Muspika Kecamatan Peninjauan, usai meninjau bank sampah di desa Durian, dilanjutkan meninjau ke desa Makartitama.

 

Sumber: detiksumsel.com

!-- Composite Start -->

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait