BMKG mengimbau masyarakat waspadai peningkatan curah hujan

SWARNANEWS.CO.ID , PALEMBANG |Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Stasiun Klimatologi Kenten Palembang mengimbau masyarakat Sumatera Selatan mewaspadai peningkatan curah hujan disertai angin kencang pada akhir November hingga Desember 2017.

Berdasarkan pengamatan melalui satelit cuaca, intensitas curah hujan di wilayah provinsi yang memiliki 17 kabupaten/kota ini satu bulan ke depan mengalami peningkatan hingga di atas 400 milimeter dari sebelumnya sekitar 300 mm, kata Staf Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Kenten Dara Kasihairani, di Palembang, Jumat.

Menurut dia, dalam satu bulan ke depan perlu mewaspadai peningkatan curah hujan karena secara statistik pada Desember merupakan salah satu bulan puncak hujan.

Selain itu adanya pengaruh siklon tropis cempaka yang diperkirakan membawa dampak bagi kondisi cuaca yaitu adanya hujan lebat yang terjadi di wilayah Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi sampai Papua, gelombang tinggi dan pantai-pantai mengalami pasang air laut.

Kondisi tersebut perlu diwaspadai dengan meningkatkan berbagai langkah antisipasi kemungkinan terjadinya bencana banjir dan tanah longsor yang bisa menimbulkan korban jiwa dan harta benda, katanya.

Dia menjelaskan, selain perlu meningkatkan kewaspadaan kemungkinan terjadinya banjir dan tanah longsor, pada musim hujan sekarang ini masyarakat juga diimbau agar mewaspadai berbagai penyakit seperti malaria, flu, batuk serta diare.

Dengan kewaspadaan yang tinggi diharapkan masyarakat bisa terhindar dari kerugian harta benda dan jiwa, serta dapat diminimalkan timbulnya gangguan kesehatan masyarakat dampak musim hujan, kata dia pula.

Editor:  Sarono PS

Sumber: Antara

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *