Transparan dan Akuntabel Pertanggungjawabkan Uang Negara, Pagaralam Kembali Raih WTP

SWARNANEWS.CO.ID  PAGARALAM | Pemerintah Kota (Pemkot) Pagaralam kembali memperoleh penghargaan dari Pemerintah RI atas keberhasilannya menyusun dan menyajikan Laporan Keuangan Tahun 2016 dengan capaian standar tertinggi pelaporan keuangan.

Piagam penghargaan dari Menteri Keuangan (Menkeu) RI, Sri Mulyani Indrawati tersebut, diserahkan oleh Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN), Ifron Roshadi Lahat, kepada Walikota Ida Fitriati, di Ruang Besemah III Setdako Pagaralam, Kamis (26/10/2017).

Penghargaan tersebut didapat dari keberhasilan Pemkot Pagaralam meraih predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kota Pagaralam Tahun 2016 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI, beberapa waktu lalu.

Opini WTP yang disandang oleh Pemkot Pagaralam, merupakan pernyataan profesional dari BPK RI mengenai kewajaran informasi keuangan yang disajikan dalam laporan keuangan, yang didasari pada empat kriteria, yakni kesesuaian dengan standar akuntansi pemerintahan, kecukupan pengungkapan (Adequate Disclosures), kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan, dan efektivitas sistem pengendalian internal.

Dengan demikian, auditor meyakini bahwa berdasarkan bukti-bukti audit yang dikumpulkan, Pemkot Pagaralam dianggap telah menyelenggarakan prinsip akuntansi yang berlaku umum dengan baik.

Dalam bahasa awamnya, dapat diartikan Walikota Pagaralambeserta jajarannya dapat mempertanggung jawabkan uang negara dalam APBD, dengan transparan dan akuntabel.

Walikota Ida Fitriati mengatakan, penghargaan ini memotivasi seluruh jajaran Pemerintah Kota Pagaralam untuk mempertahankan kinerja baik dalam pelaporan keuangannegara.

Penghargaan ini juga beriringan dengan diraihnya WTP oleh Pemkot Pagaralam beberapa waktu lalu.

“Penghargaan ini berkat kerja keras kita semua, kerja keras seluruh jajaran Pemkot Pagaralam, kita patut berbangga dengan apresiasi dari Menteri Keuangan ini,” kata Walikota.

PLT Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Kota Pagaralam, Iwan Mike Wijaya menambahkan, diharapkan setiap SKPD mampu mempertahankan hasil laporan keuangannya untuk 2017 ini.

“Jika koordinasi setiap SKPD dengan BKD berjalan dengan baik, kita optimis tahun ini kita akan kembali meraih penghargaan ini,” ujarnya.

Editor: Sarono PS

Sumber: Sripo.com

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *