SMK Negeri 2 persiapkan diri sekolah berkelas dunia

SWARNANEWS.CO.ID, PALEMBANG |Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Palembang kini tengah mempersiapkan diri menjadi sekolah kejuruan berstandar internasional atau berkelas dunia.

“Kami sudah mempersiapkan berbagai hal untuk menjadi ‘world class’,” kata Kepala Sekolah SMK Negeri 2 Palembang Zulkarnain, di Palembang, Kamis.

Persiapan world class atau kelas dunia ini dimulai dari jurusan Mekatronika dan Teknik Kendaraan Ringan (TKR).  Sebab kedua jurusan ini telah menghasilkan prestasi dan mengundang kerja sama dengan berbagai institusi dan perusahaan ternama di Indonesia.

“Sekolah kita juga terpilih untuk bekerja sama dengan perusahaan berskala nasional seperti Astra Intetnasional yang meliputi banyak bidang,” ujarnya.

Ia menjelaskan, jurusan mekatronika saat ini tengah mempersiapkan kesepakatan bersama dengan salah satu perguruan tinggi ternama di Bangkok, Thailand.

“Siswa kami nanti berkesempatan untuk belajar ilmu mekatronika di sana selama kurang lebih satu semester,” kata dia.

Seleksi tenaga kerja lulusan SMK di Gedung SMK Negeri 2 Palembang (Antaranews Sumsel/Feny Selly/17).

Selain itu untuk teknik kendaraan ringan pihak sekolah juga akan mendatangkan pakar dari Jerman untuk bidang keahlian otomotif sebagai tenaga pengajar. Nantinya sekolah tersebut juga akan menyesuaikan kurikulum industri berskala internasional.

SMK Negeri 2 Palembang saat ini juga sudah meraih cukup banyak prestasi di antaranya menjadi SMK nominasi enam besar sebagai rujukan nasional.

Zulkarnaen menambahkan, SMK Negeri 2 yang ia pimpin saat ini juga sudah resmi mendirikan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP)  yang mendapat lisensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Tidak hanya itu, saat ini sekolah yang telah melahirkan lulusan unggulan seperti Tantowi Yahya yang kini Dubes Indonesia untuk Selandia Baru juga menjadi pusat bursa kerja kejuruan bagi lulusan SMK di Sumatera Selatan.

Editor: Sarono PS

Sumber: Antara

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *