Pulau Kemaro diperkirakan jadi tujuan favorit Asian Games

SWARNANEWS.CO.ID, PALEMBANG |Pulau Kemaro, sebuah delta kecil tengah Sungai Musi, Palembang diperkirakan akan menjadi salah tempat wisata favorit selama penyelenggaraan Asian Games 2018.

Yang menarik di pulau dengan luas hanya sekitar 1.300 meter persegi itu adalah pagoda dan vihara cina beserta kisah dibaliknya.

Hermansyah, pegawai honorer Dinas Pariwisata Kota Palembang yang sehari-hari bertugas menjaga obyek wisata itu mengatakan, Minggu  bahwa para tamu Asian Games yang berasal dari China, Hong Kong diperkirakan akan tertarik berkunjung ke pulau itu.

“Selama ini, turis asing yang banyak ke sini berasal dari Hong Kong, Singapura dan Malaysia. Saat Asian Games nanti saya yakin kontingen dari China juga akan berkunjung karena latar belakang sejarahnya,” tutur Hermansyah yang sudah sejak 1997 bermukim di pulau itu.

Selama ini, puncak kedatangan wisatawan adalah saat Imlek, sehingga Yayasan Tri Dharma sebagai pemilik lokasi terpaksa membuat jembatan darurat sepanjang 160 meter agar bisa dilalui dengan berjalan kaki dari pinggir sungai.

Meski menjadi salah satu ikon wisata Kota Palembang selain Jembatan Ampera, Masjid Agung dan Benteng Kuto Besak, belum ada tanda-tanda bahwa Pagoda Pulau Kemaro segera dibenahi menyambut Asian Games 2018.

Sarana yang ada di pulau itu saat ini hanyalah dermaga kayu sederhana, warung yang menjual kelapa muda serta beberapa pedagang kaos dengan tampilan ala kadarnya.

Tidak terlihat umbul-umbul, spanduk atau atribut lain yang berhubungan dengan pesta olahraga terbesar kedua di dunia setelah Olimpiade itu.

“Mungkin pemerintah atau panitia masih fokus pada pembangunan dan persiapan infrastruktur seperti LRT dan sarana pertandingan,” ucap Hermansyah yang sehari hari juga berdagang kelapa muda.

Pulau Kemaro terletak sekitar enam kilometer dari Jembatan Ampera dan berada dekat kawasan industri, dapat ditempuh sekitar 15 menit dengan kapal motor cepat dari dermaga Benteng Kuto Besak.

Pengunjung yang berniat berwisata ke Pulau Kemaro bisa memanfaatkan jasa pemilik kapal dengan tarif Rp200.000 perkapal pergi pulang dengan masa tunggu maksimal satu jam.

Editor: Sarono PS

Sumber: Antara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *