Jokowi Bolehkan Airlangga Rangkap Jabatan

SWARNANEWS.CO.ID, JAKARTA | Pergantian posisi menteri yang dilakukan Presiden Joko Widodo kemarin (17/1) tidak sampai menyentuh Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto. Presiden hanya mengganti posisi Mensos Khofifah Indar Parawansa yang mundur untuk pencalonan gubernur di Jatim. Sementara, Airlangga yang merangkap sebagai ketua umum Partai Golkar tetap aman.

Sebagai pengganti Khofifah, Presiden Joko Widodo menunjuk Sekjen Partai Golkar Idrus Marham. “Ya karena cocok aja, cocok di situ (Kemensos) Pak Idrus,” ujar Presiden setelah pelantikan. Pergantian dilakukan karena jabatan Mensos memerlukan perhatian ekstra.

Selain Idrus, Presiden juga melantik tiga pejabat lainnya. Masing-masing Kepala Staf Presiden Moeldoko yang menggantikan Teten Masduki. Teten dibuatkan jabatan baru, yakni koordinator staf khusus presiden. Kemudian, Agum Gumelar masuk menjadi anggota Wantimpres di posisi yang ditinggalkan Alm KH Hasyim Muzadi. Terakhir, Wakil KSAU Marsekal Madya Yuyu Sutisna dipromosikan sebagai KSAU dan langsung naik pangkat menjadi marsekal.

Kemarin, Idrus hadir mengenakan setelan jas berwarna abu-abu. Tidak lupa, kacamata berwarna gelap melengkapi penampilannya kemarin. Sementara, sang istri, Ridho Ekasari, tampil anggun mengenakan setelan kebaya putih dipadu bawahan songket motif jumputan berwarna merah marun kombinasi benang keemasan.

Jokowi menuturkan, Kemensos harus memiliki orang yang bisa langsung meng-handle secara total seluruh pekerjaan yang ada. “Karena pekerjaan kita banyak sekali di Kemensos ini, baik berupa rastra (beras sejahtera), urusan PKH (Program Keluarga Harapan), dan urusan sosial lainnya,” tutur Jokowi. Karena itu, dia mengganti Khofifah lebih cepat, tidak menunggu 12 Februari saat penetapan calon kepala daerah.

Jokowi menjelaskan, dalam hal PKH misalnya, awal tahun ini Kemensos menambah jumlah keluarga penerima manfaat (KPM) dari 6 juta ke 10 juta keluarga. Kemudian, perubahan sistem penyaluran bantuan beras sejahtera pada bantuan pangan nontunai. Harus ada pengambil keputusan yang selalu standby kapan pun dan mengerti lapangan.

Hal senada disampaikan Khofifah. Dia mengaku sudah menelepon Idrus beberapa jam sebelum pelantikan. “Saya menyampaikan, yang harus segera kita siapkan dengan baik adalah memastikan tanggal 25 setiap bulan rastra diterima oleh seluruh KPM,” ujarnya. Baik berupa rastra maupun bantuan pangan.

Selanjutnya, per 1 Februari, jumlah KPM untuk PKH akan meningkat menjadi 10 juta keluarga. Program itu harus langsung berjalan dengan baik. Khofifah menuturkan, dalam menangani program bantuan sosial, tidak bisa hanya sekadar inovasi. Karena itu, dia membuat sistemnya. Termasuk di dalamnya SDM yang terlibat, hingga infrastruktur yang menunjang sistem tersebut. Dia sudah meminta sekjen Kemsos untuk menyiapkan memori agar memudahkan Idrus menelaah seluruh tugasnya.

Menurut Khofifah, ada satu program lain yang juga tidak kalah penting, yakni taruna siaga bencana (Tagana). Di era Khofifah, Tagana menjadi personel yang lebih banyak terlibat dalam melayani masyarakat yang terkena bencana.

Sementara itu, Idrus menyatakan bahwa di awal-awal masa tugasnya dia akan terus berkomunikasi dengan Khofifah. Sebab, tugas dia tidak akan lepas dari apa yang sudah dibuat oleh menteri sebelumnya. “Saya harus jujur mengatakan, saya harus belajar ke mbak Khofifah yang sudah bekerja sedemikian rupa,” ujarnya usai pelantikan.

Di sisi lain, reshuffle kabinet yang dilakukan Presiden Jokowi tak urung mendapat kritikan. Beberapa menteri bidang ekonomi yang dinilai kurang menunjukkan kinerja yang baik justru dipertahankan. Misalnya, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno, Menteri Pertanian Amran Sulaiman dan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto.

Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Bhima Yudhistira Adhinegara mengatakan, capaian menteri-menteri tersebut kurang maksimal. Misalnya Rini Soemarno yang melakukan holding BUMN keuangan namun dinilai kurang strategis. “Holding-nya yang memimpin malah Danareksa. Kenapa tidak bank-bank BUMN saja yang jelas-jelas market share-nya sudah besar. Jadi holding ini tidak akan maksimal,” katanya.

Selain itu, impor beras yang akan dilakukan pada akhir Januari ini juga menunjukkan swasembada beras yang gagal. Sebab data dari kementerian teknis justru diragukan dan pemerintah malah mengimpor beras. Belum lagi Airlangga yang secara etika memiliki konflik kepentingan sebagai ketua partai. Sebab dia menjabat sebagai menteri perindustrian sekaligus ketua umum Partai Golkar.

Dari sisi kinerja, Bhima menilai kondisi industri pengolahan saat ini kurang bagus. Sebab, pertumbuhan sektor industri masih di bawah pertumbuhan ekonomi. Pada kuartal III 2017 pertumbuhan industri pengolahan hanya 4,84 persen secara year on year (yoy), sedangkan pertumbuhan ekonomi 5,06 persen.

Sumbangan industri manufaktur terhadap produk domestik bruto (PDB) juga masih di kisaran 20 persen. Gejala deindustrialisasi tersebut perlu penanganan khusus. “Saya khawatir kinerja sektor industri pengolahan akan terus mengalami penurunan, padahal situasi global justru tengah membaik,” ujar Bhima.

Dengan kinerja sektor industri yang kurang baik di sisa tahun pemerintahan Jokowi, lanjut Bhima, pemerintah sebetulnya perlu menteri yang fokusnya tidak akan terbelah oleh isu politik. Langkah reshuffle kali ini pun dinilainya hanya sebagai konsolidasi politik jelang pemilu, sementara substansi masalah ekonomi tidak menjadi prioritas utama. “Soal impor beras, amburadulnya kebijakan industri, daya beli yang lesu nampaknya dianaktirikan,” tutupnya.

Sementara itu, Direktur Program Saiful Mujani Research and Consulting Sirojudin Abbas menuturkan reshuffle kabinet Kerja Presiden Jokowi itu terlihat mengakomodasi tokoh-tokoh militer. Seperti mantan Panglima TNI Jenderal (pur) Moeldoko menjadi kepala Kantor Staf Presiden (KSP) dan Agum Gumelar yang menjadi anggota Dewan Pertimbangan Presiden (wantimpres). Sangat mungkin Jokowi ingin menjaga hubungan baik dengan militer dan untuk mengantisipasi keamanan.

“Jokowi, kelihatanya, ingin memperkuat barisan militer di lingkungan terdekatnya. Karena kalau kita lihat Wantimpres yang dulunya dari wakil NU di Hasyim Muzadi sekarang Agum Gumelar,” ujar dia Sirojudin, kemarin (17/1). Apalagi saat ini Agum juga menjadi ketua umum Persatuan Purnawirawan dan Warakawuri TNI dan Polri (Pepabri).

Tapi, di lain sisi, keputusan Jokowi tersebut terkesan tidak aspiratif dengan tokoh-tokoh NU. Khofifah yang juga menjabat sebagai ketua umum PP Muslimat NU digantikan oleh elit Partai Golkar Idrus Marham. “Jelas-jelas dia (Idrus) itu elite di tim lawan Jokowi pada 2014. Dia (Idrus) tim inti koalisi Merah Putih. Jadi secara politik, hemat saya Jokowi kurang sensitif terhadap warga NU,” ungkap dia. Padahal selama ini NU melalui kadernya di Ansor atau PKB sangat membantu pemerintah. Misalnya meredam pergerakan Khilafah Islamiyah dan orang-orang yang ingin mengembalikan piagam Jakarta.

Sirojudin tidak melihat keberadaan para militer tersebut untuk membendung mantan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo yang masuk bursa calon presiden dan wakil presiden. Menurut dia terlalu jauh bila mengaitkan dengan Jenderal Gatot. Dia lebih melihat tokoh militer yang masuk kabinet itu untuk memperkuat aspek ketahanan nasional dan keamanan agar lebih terjaga.

Hal lain yang menjadi sorotan dalam reshuffle kabinet jilid IV kemarin adalah dipertahankannya Airlangga Hartarto sebagai menteri perindustrian. Sejak dia menjadi ketum Partai Golkar, muncul suara-suara yang menuntut dia untuk dicopot sebagai menteri. Sebab, Jokowi sejak awal berkomitmen agar para bawahannya tidak rangkap jabatan.

Menanggapi hal tersebut, Jokowi beralasan periode pemerintahannya sudah hampir selesai. “Kita tahu ya, Pak Airlangga ini kan jadi menteri tinggal satu tahun saja, praktis ini ‘kan kalo ditaruh orang baru ini belajar paling tidak enam bulan,” ujar Jokowi. Bila menteri baru lambat belajar, adaptasinya malah lebih lama.

Lagipula, Airlangga dinilai memahami konsep makro industri. Saat ini, dia juga menyiapkan strategi hilirisasi industri. Karena itu, dengan waktu yang tersisa, sudah tidak mungkin lagi untuk belajar. “Ini kementerian yang tidak mudah,” lanjutnya. itu sekaligus menepis anggapan miring soal komitmen rangkap jabatan.

Disinggung mengenai keistimewaan Golkar sehingga mendapat dua kursi, Wapres Jusuf Kalla yang mendampingi Presiden hanya tersenyum. “Dua kursi betul, tapi dibanding dengan kursi di parlemen jauh lebih tinggi dibanding dengan yang lain,” ujarnya.

Tidak digantinya Airlangga dari jabatan menteri perindustrian mendapat sorotan dari beberapa kalangan. Lukman Edy, anggota DPR dari Fraksi PKB mengatakan, pada awal pembentukan kabinet ada komitmen atau kesepakatan bahwa ketua umum partai tidak boleh rangkap jabatan sebagai menteri. “Memang tidak ada kewajiban atau keharusan, tapi di awal kabinet kan seperti itu,” terang dia saat ditemui di Komplek Parlemen, Senayan kemarin (17/1).

Jika sekarang ketua umum partai boleh menjadi menteri, maka ada perubahan visi dan komitmen presiden. Tentu akan banyak pihak yang mempertanyakan komitmen orang nomor satu di pemerintahan itu. Namun, kalau kembali ke Undang-Undang Kementerian Negeri, tidak ada larangan rangkap jabatan.

editor :Sarono ps

sumber :sumeks.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

13 komentar

  1. Excellent post. I used to be checking continuously this blog and I am inspired! Very useful information particularly the remaining part 🙂 I maintain such info a lot. I used to be seeking this particular info for a long timelong time. Thank you and good luck.

  2. Hey there I am so glad I found your blog page, I really found you by mistake, while I was researching on Aol for something else, Anyhow I am here now and would just like to say cheers for a fantastic post and a all round thrilling blog (I also love the theme/design), I don’t have time to browse it all at the minute but I have book-marked it and also added in your RSS feeds, so when I have time I will be back to read a great deal more, Please do keep up the fantastic job.

  3. You really make it seem so easy with your presentation but I find this topic to be really something which I think I would never understand. It seems too complicated and very broad for me. I am looking forward for your next post, I will try to get the hang of it!

  4. Преимущество строительства автомойки под ключ заключается в оперативности запуска проекта и минимизации забот для заказчика, так как исполнитель берет на себя все этапы работ.