Pemerintah Perlu Sosialisasikan Kriteria Ujaran Kebencian

SWARNANEWS.CO.ID, JAKARTA | Pemerintah perlu memberikan penjelasan kepada masyarakat soal kriteria apa saja yang termasuk ujaran kebencian. Sebab, saat ini, ada beragam tafsir mengenai itu.

“Ujaran kebencian ini kan sangat personal sekali. Standarnya apa. Maka, perlu juga dijelaskan apa yang dimaksud ujaran kebencian. Indikatornya apa, sehingga publik mengetahui ukuran dan kadarnya,” tutur Ketua Lembaga Khusus Dakwah (LDK) PP Muhammadiyah Muhammad Ziyad, Jumat (19/1).

Penjelasan tentang indikator ungkapan yang termasuk ujaran kebencian itu diperlukan, agar para ulama dan rohaniawan pun mengetahuinya. Sehingga, para ulama dan rohaniawan dapat berhati-hati saat menyampaikan ceramahnya. Sebab, mereka sudah mengetahui rambu-rambunya.

“Penting sosialisasi kriteria ujaran kebencian itu apa saja. Mungkin sudah ada peraturannya, tapi kan tidak semua orang mengetahuinya. Kriterianya apa, menyangkut apa. Jadi tidak bisa satu kelompok ini katakan wah ini ujaran kebencian,” ungkapnya.

Jika tidak ada standar tentang indikator ujaran kebencian tersebut, maka berbagai kalangan bisa seenaknya menganggap pernyataan yang dilontarkan pihak tertentu sebagai ujaran kebencian. Menurutnya, kondisi ini sangat berbahaya karena siapapun bisa menilai dengan subyektivitasnya.

“Terkadang versinya kan beda. Misalnya, ada penceramah, versi ini menganggap bukan ujaran kebencian, tapi versi lain mengatakan wahini mengandung ujaran kebencian, ini kan berbahaya,” ujarnya.

editor : Sarono ps

sumber : republika.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

12 komentar

  1. I loved as much as you will receive carried out right here. The sketch is tasteful, your authored subject matter stylish. nonetheless, you command get bought an edginess over that you wish be delivering the following. unwell unquestionably come further formerly again since exactly the same nearly a lot often inside case you shield this increase.