Palembang rasakan manfaat tuan rumah Asian Games

SWARNANEWS.CO.ID, Palembang | Kota Palembag dan Provinsi Sumatera Selatan secara umum merasakan manfaat menjadi tuan rumah Asia Games XVIII pada Agustus 2018 bersama DKI Jakarta karena mendapatkan percepatan pembangunan infrastruktur dan fasilitas umum lainya.

“Keuntungan menjadi tuan rumah pesta olahraga negara-negara kawasan Asia itu, di Palembang dilakukan pembangunan infrastruktur besar-besaran mulai dari perluasan bandar udara, pembangunana jalan, jembatan musi, jembatan layang (fly over), kereta api ringan (Light Rail Transit/LRT), dan tempat pertandingan/venue olahraga berstandar internasional,” kata Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin di Palembang, Senin.

Dia menjelaskan, total dana terserap untuk pembangunan infrastruktur dan fasilitas umum tersebut baik bersumber APBN, sedangkan penyertaan modal negara, dan dana dari pihak ketiga mencapai Rp68 triliun.

“Jika tidak ada ajang olahraga itu, tidak mungkin daerah ini mendapat dukungan melakukan pembangunan berbagai proyek infrastruktur dan fasilitas pendukung lainnya dalam waktu yang relatif singkat,” katanya.

Menurut dia, dengan menjadi tuan rumah Asian Games dan dibangunnya berbagai infrastrutur dan fasilitas pendukung lainnya, menjadikan Sumatera Selatan salah satu provinsi terdepan di Tanah Air.

Untuk menyukseskan berbagai pembangunan tersebut dan pelaksanaan ajang olaharaga tersebut diharapkan partisipasi dari seluruh lapisan masyarakat menjaga kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat agar tetap kondusif sehingga tidak ada hal-hal yang dapat menghambat kegiatan terkait persiapan menjadi tuan rumah Asian Games.

Selain itu, pihaknya mengajak semua pihak dan lapisan masyarakat membantu menyosialisasikan pesta olahraga negara-negara kawasan Asia itu hingga pelosok desa dalam wilayah provinsi ini sehingga bisa diketahui masyarakat luas dan mendorong mereka berpartisipasi menyukseskannya.

Kegiatan sosialisasi itu perlu lebih digalakkan agar gema Asian Games benar-benar sampai hingga ke pelosok desa dan menyentuh seluruh lapisan masyarakat agar mereka termotivasi melakukan berbagai tindakan yang dapat menyukseskan ajang olahraga

bertaraf internasional itu dan mendorong pemberdayaan ekonomi rakyat, kata Alex.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 komentar