Penekanan Tombol oleh Kepala Bagian Penelitian dan Pengembangan (Litbang) dalam Louching E-Kelembagaan

SWARNANEWS.CO.ID, Sekayu | Musi Banyuasin: Pemerintah daerah ibaratkan warung yang memberikan pelayanan kepada pembeli. Pernyataan tersebut, diungkapkan langsung oleh Kepala Bagian Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Kementrian Dalam Negeri (Kemendari) DR Nurdin, S.Sos, M.Si. Menurut Alumnus Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri (STPDN) tersebut, Pelayanan saat ini mengalami perubahan yang sangat cepat.

Jika pemerintah tidak merespon hal tersebut, maka jangan salahkan masyarakat mengatakan pemerintah daerah sangat lamban. “Hakekat dari keberadaan pemerintahan adalah memberikan pelayanan kepada masyarakat. Sehingga kita sebagai pemilik produk yang akan dipergunakan konsumen maka sebaik mungkin memberikan pelayanan yang optimal,” tegasnya dihadapan seluruh kepala badan dan dinas dalam acara Implementasi E-Kelembagaan, di Auditorium Pemkab Musi Banyuasin, Senin (29/1).

Dikatakannya jika melihat pelayanan di luar negeri, kecepatannya sangat luar biasa, yang dimulai sejak tahun 2000 yang lalu. Sehingga sudah saatnya, seluruh lembaga pemerintahan mengejar ketertinggalan tersebut. “Diciptakannya sistem infomasi melalui aplikasi, yang berbasis berbagi pakai. Maka lebih efisien dan tepat sasaran,” bebernya.

Ditambahkan Nurdin, jka muba memiliki aplikasi yang memang bisa di upgrade untuk nasional, maka terus dikembangkan. Karena Muba saat ini telah menginplementasikan berbagi pakai. “Saat ini baru sekitar 5-10 % yang membangun aplikasi, sehingga nantinya bisa digabungkan dengan tingkat kepuasan masyarakat,” pungkasnya.

Sementara itu Sekretaris Daerah (Sekda) Muba, H Apriadi, S.Sos, M.Si mengatakan, hakekat reformasi birokrasi merubah pola fikir dari minta dilayani, menjadi melayani dari setiap Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Adanya reformasi, diharapkan mampu memberikan dampak positif, sehingga diharapkan kepada seluruh ASN bisa mengikuti perkembangan aturan yang ada saat ini,” tegasnya. Dirinya berharap dengan adanya E-Kelembagaan bisa menempatkan ASN sesuai dengan keilmuan yang dimiliki, khususnya jabatan.

“Adanya sistem E-Kelembagaan diharapkan mampu menempatkan perangkat daerah sesuai basis pendidikannya,” pungkasnya.

editor : Sarono ps

sumber : detiksumsel.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

23 komentar

  1. you are in reality a good webmaster. The site loading speed is incredible. It kind of feels that you are doing any unique trick. Moreover, The contents are masterpiece. you have performed a great task in this matter!

  2. Hey I know this is off topic but I was wondering if you knew of any widgets I could add to my blog that automatically tweet my newest twitter updates. I’ve been looking for a plug-in like this for quite some time and was hoping maybe you would have some experience with something like this. Please let me know if you run into anything. I truly enjoy reading your blog and I look forward to your new updates.