Arab Saudi Akan Bangun 9 Pabrik Desalinasi di Laut Merah

SWARNANEWS.CO.ID,  RIYADH | Arab Saudi berencana membangun sembilan pabrik desalinasi di pantai Laut Merah. Menteri Lingkungan Saudi, Abdulrahman Al-Fadhli, mengatakan bahwa proyek tersebut menelan biaya lebih dari 2 miliar riyal (530 juta dolar).

Ia mengatakan melalui akun Twitternya, dilansir dari Arab News, Senin (22/1), bahwa pabrik tersebut akan memiliki kapasitas sebesar 240 ribu meter kubik air per hari dan akan selesai dalam waktu kurang dari 18 bulan.

Menurutnya, proyek tersebut diperintahkan oleh Raja Salman dalam sebuah keputusan kerajaan. Fadhli mengatakan, proyek itu akan membantu Saudi Saline Water Conversion Corp. (SWCC), perusahaan milik pemerintah, meningkatkan efisiensi produksi mereka dan mengurangi biaya operasi dan modal. Namun demikian, ia tidak memberikan rincian mengenai pendanaan.

Pemerintah Saudi mengatakan pada 2016 lalu, bahwa pihaknya berencana untuk menggunakan kemitraan perusahaan swasta dengan perusahaan lokal dan asing, untuk mendanai proyek-proyek infrastruktur.

Pada Agustus 2017 lalu, ia mengatakan akan mengembangkan resor di sekitar 50 pulau di Laut Merah. Dia juga mengatakan akan menyelesaikan tahap pertama proyek tersebut, yang didukung oleh Dana Investasi Publik (PIF), pada kuartal keempat 2022.

editor : Sarono ps

sumber : republika.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 komentar