Bursa Sarnubi : Lahat Kaya, Rakyat Tidak Boleh Miskin

SWARNANEWS.CO.ID , LAHAT |Memiliki potensi kekayaan diberbagai sektor selayaknya jika masyarakat di Kabupaten Lahat,  mampu terhindar dari yang namanya kemiskinan.  Sumber daya alam (SDA) dibidang pertambangan seperti batubara, energi kelistrikan,  tersedianya lahan pertanian dan perkebunan akan menjadi sia sia jika tidak berdampak bagi kesejahteraan masyarakat itu sendiri.

Demikian disampaikan H Bursa Zarnubi,  Calon Bupati Lahat. Hal tersebut pula,  dikatakan lelaki yang akrab disapa BZ ini, menjadi salah satu alasan baginya untuk maju di Pilkada Lahat,  Juni 2018 mendatang.  Terpanggil untuk mengabdi ditanah kelahiran,  dirinya ingin menjadi Bupati yang bisa berkontribusi bagi kemajuan dan kesejahteraan rakyat.  “Saya bukan hanya sekedar ingin jadi bupati untuk sejarah hidup.  Tapi ingin berbuat untuk kemaslahatan warga di kabupaten Lahat.  Lahat ini kaya dengan potensi SDA yang dimiliki. Itu harus diola dengan baik sehingga berperan bagi warga.  Percuma lahat kaya tapi rakyatnya miskin,”terangnya,  saat bersilaturahmi dengan awak media,  Selasa (23/1).

Untuk mewujudkan hal tersebut berbagai program telah ia siapkan jika nanti terpilih sebagai bupati Lahat.  Dikatakan BZ,  fokus program yang akan dilaksanakan akan bertumpu pada sektor pertanian, perkebunan dan tenaga kerja.  Menurutnya hal tersebut teramat penting agar warga di Lahat maju.  Mayoritas warga di Bumi Seganti Setungguan,  merupakan petani.  Namun,  hasil pertanian sendiri belum maksimal.  Untuk itu kedepan akan ada terobosan untuk membantu kalangan petani tersebut seperti akan adanya modernisasi persawahan mulai dari irigasi,  bibit, pupuk dan penunjang lainya.  Disektor perkebunan,  Lahat terkenal dengan keberadaan kopi, tapi, petani bingung cara pengembanganya sehingga hasil yang didapat tidak maksimal.

“Tagline menata kota membangun desa itu,  kita ingin antara desa dan kota itu berjalan seimbang.  Desa harus jadi pondasi ekonomi.  Bagaimana itu bisa terjadi,  petani harus sejahtera.  Bagaimana bisa sejahtera,  hasil lahan pertanian harus memuaskan.  Untuk itu butuh campur tangan pemerintah kita akan datangkan konsultan pertanian,  modernisasi pertanian, “tegasnya.

Ditambahkanya,  jika lahan pertanian bisa tergarap maksimal dengan hasil memuaskan juga akan berdampak bagi lapangan pekerjaan,  pendapatan daerah dan pertumbuhan ekonomi yang juga akan berimbas tertariknya investor untuk datang ke Lahat.  Penataan disektor pertambangan juga penting mulai dari kontribusi pendapatan,  ketenagakerjaan dan lingkungannya.  “Insaallah dalam dua tahun menjabat semua yang kita rencanakan bisa terwujud.  Kita juga tidak saja akan. Mengandalkan dana APBD yang kita miliki namun kita akan berusaha bisa menyerap dana pusat. Kita juga ingin ada sinergitas antara eksekutif dan legeslatif khususnya soal rancangan pembangunan,  “ujarnya.

Terkait perhelatan Pilkada sendiri,  BZ berkomitmen untuk mengikutinya dengan sportif,  tidak saling menjatuhkan dan menjelekkan.  Dirinya berharap semua kontestan dapat memberikan pendidikan politik ke masyarakat. “Semua kandidat merupakan yang terbaik bagi kabupaten lahat. Tunggal rakyat memilih, “terang suami dari Ir Sri Meliyana ini. 

Editor: Sarono PS

Sumber:Beritamusi

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

15 komentar

  1. Hi, I think your website might be having browser compatibility issues. When I look at your blog site in Chrome, it looks fine but when opening in Internet Explorer, it has some overlapping. I just wanted to give you a quick heads up! Other then that, fantastic blog!

  2. Unquestionably believe that that you stated. Your favourite justification appeared to be at the internet the simplest thing to consider of. I say to you, I definitely get irked even as folks consider worries that they plainly do not understand about. You controlled to hit the nail upon the top as smartly as defined out the whole thing with no need side effect , other folks can take a signal. Will likely be back to get more. Thank you

  3. Крупный учебный и научно-исследовательский центр Республики Беларусь. Высшее образование в сфере гуманитарных и естественных наук на 12 факультетах по 35 специальностям первой ступени образования и 22 специальностям второй, 69 специализациям.