Dana desa OKU Rp118 miliar

SWARNANEWS.CO.ID, BATURAJA |Alokasi dana desa untuk Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, pada tahun anggaran 2018 mencapai Rp118 miliar untuk sebanyak 143 desa di daerah ini.

“Dana desa (DD) tahun ini total mencapai Rp118 miliar,” kata Kepala Dinas Pemerdayaan Masyarakat Desa Ogan Komering Ulu Ahmad Firdaus di Baturaja, Rabu.

Bahkan, kata Firdaus, informasi terakhir bakal bertambah lagi sebesar Rp500 juta yang rencananya akan dialokasikan ke setiap desa tertinggal di daerah ini.

Ia menjelaskan, jika desa lain di daerah ini tidak mendapat tambahan dana Rp500 juta jangan protes atau cemburu karena desa tersebut sudah dinilai baik dan tidak tertinggal lagi.

“Kalau dana desa berkurang maka harusnya bersyukur, karena desa itu dinilai pemerintah pusat sudah berkembang lebih baik,” katanya.

Rencananya, kata Firdaus, tahun ini alokasi dana desa akan direalisasikan sebanyak tiga tahap pencairan dalam setahun yaitu tahapan pertama 20 persen dan dilanjutkan tahap dua dan tiga masing masing 40 persen.

Dia menjelaskan, hingga saat ini dari 143 desa yang ada di kabupaten ini baru 17 desa diantaranya sudah menyampaikan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Desa.

Tenaga Akhli Pemerdayaan Masyarakat Kabupaten Ogan Komering Ulu Heri Setiawan hingga kini baru 17 desa yang sudah menyampaikan RKP Desa.

Namun, kata dia, sekarang sudah bertambah sekitar 30 dokumen desa lebih dan siap diserahkan ke dinas untuk diproses sebagai salah satu bahan untuk menyusun angggaran pendapatan dan belanja desa.

“Progresnya sudah baik. Ratusan desa yang belum menyampaikan RKP saat ini masih dalam proses penyusunan. Kami mendampingi untuk mensingkronkan antara RKP dan APBdesa agar selaras,” katanya.

Editor: Sarono PS

Sumber: Antara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 komentar