Gerhana Bulan Perlu Dijadikan Pembelajaran Islam dan Iptek

Pembelajaran tersebut terintegrasi antarmata pelajaran.

SWARNANEWS.CO.ID, JAKARTA |Gerhana  bulan total akan terjadi pada Rabu (31/1).  Gerhana total tersebut berlangsung selama 1 jam 16 menit pada pukul 19.51-21.07 WIB dengan puncak gerhana pada pukul 20.29 WIB.

Terkait gerhana bulan total tersebut, Sekolah Bakti Mulya (BM) 400 melaksanakan serangkaian kegiatan selama tiga hari, 29-31 Januari 2017.  “Kami menjadikan gerhana bulan total sebagai pembelajaran Islam dan ilmu pengetahuan-teknologi (iptek) bagi siswa. Peristiwa alam tersebut dijadikan sumber belajar yang kontekstual, terintegrasi antarmata pelajaran, yang berjenjang  sesuai dengan level pembelajaran di  TK, SD, SMP dan SMA,” kata Direktur Sekolah Bakti Mulya 400, Euis Tresna MSi, Senin (29/1).

Salah satu kegiatan tersebut adalah menggelar praktik shalat gerhana bulan (khusuf) yang diadakan di halaman Sekolah BM 400 Pondok Indah, Jakarta Selatan, Senin (29/1) untuk siswa SD.

Khusus siswa TK, mendapatkan penjelasan tentang gerhana bulan dan melaksanakan  sosio drama tentang gerhana bulan. Sementara itu, praktik shalat gerhana bagi siswa SMP dan SMA diadakan di Sekolah BM 400 Pondok Pinang, Jakarta Selatan, Selasa (30/1).

Sebelum pelaksanaan praktik shalat gerhana bulan, para siswa mendapatkan penjelasan mengenai gejala alam gerhana bulan dan pentingnya melaksanakan shalat gerhana bulan. “Praktik shalat gerhana bulan ini sebagai bekal bagi para siswa untuk melakukan shalat gerhana bulan pada saat gerhana bulan tersebut terjadi, Rabu (31/1) malam,” tuturnya.

Euis menjelaskan, pihaknya telah mengirimkan surat edaran kepada para orang tua murid terkait shalat gerhana bulan tersebut. “Kami meminta orang tua agar mengajak anaknya melaksanakan shalat gerhana bulan di masjid terdekat dengan tempat tinggalnya masing-masing pada saat gerhana bulan tersebut terjadi,” ujar Euis.

Manajer Pendidikan Sekolah BM 400 Hadi Soewarno menambahkan, khusus siswa SMA, kata Euis, mereka melakukan peneropongan gerhana bulan total di Plaza Teater Jakarta, Jalan Cikini Raya, Menteng, Jakarta, Pusat, Rabu (31/1), pukul 17.00-23.00.

 

Selain melaksanakan rangkaian kegiatan terkait dengan gerhana bulan total tersebut, para guru TK dan siswa SD, SMP dan SMA Bakti Mulya 400 ditugaskan melakukan publikasi kegiatan simulasi shalat gerhana, peristiwa gerhana dan shalat khusuf pada hari-H. “Publikasi tersebut dalam bentuk foto dan video, kemudian diupload di Instagram dan Youtube,” tutur Hadi Soewarno.

Editor: Sarono PS

Sumber: Republika

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 komentar