Pilkades Serentak 2018, Muba Bakal Terapkan e-Voting

SWARNANEWS.CO.ID , SEKAYU |Sebanyak 23 Kepala Desa (Kades) pada 2018, di Kabupeten Muba akan habis masa jabatanya, sehingga akan digelar Pilkades serentak, yang bakal memakai sistem e-Voting.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Muba, Drs Habiburrahman melalui Sekretarisnya, Ardiansyah, SE , MM, mengungkapkan pada tahun ini sebanyak 23 desa yang tersebar di kecamatan, Sungai Keruh, Sanga Desa, Sungai Lilin, Keluang, Bayung Lencir, Plakat Tinggi, Lalan, Tungkal Jaya, Lawang Wetan, dan Babat Supat. “Kemungkinan dilansanakan pada November mendatang, sehingga tidak mengganggu pelaksanaan Pikada Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel 2018,” terangnya Rabu (31/1), saat ditemui.

Dijelaskan Ardiansyah, pemilihan Pilkades pada tahun ini dengan jumlah Daftar Pemilih Sementara (DPS) sekitar 30.017 pemilih, yang direncanakan menggunakan sisetem e-Voting, atau  sistem pemilu berbasis komputer, sehingga distem ini meminimalisir penggunaan kertas. “Sebenarnya Sistem e-Voting ini sudah diterapkan di ratusan pemilihan kepala desa, diseluruh Indonesia, termasuk di Sumsel,” terangnya.

Ditambahkannya bahwa nantinya tak ada lagi paku di bilik suara, begitu juga dengan bantalan dan surat suara. Semuanya diganti komputer layar sentuh. “Ini baru wacana, kita lihat saja perkembanganya dan tentunya akan disusun terlebih dahulu sistem pelaksanaannya,” pungkasnya.

Sementara itu, Kasi Tata pemerintahan dan Peningkatan Kapasitas Peningkatan aparatur desa, Fitriyadi, SE mengungkapkan bahwa saat ini pihak sedang menyusun tata laksana proses Pilkades serentak tersebut. Sehingga bisa dilaksanakan sesuai dengan tahapan. “Rencananya e-Voting, sehingga kita akan susun terlebih dahulu petunjuknya ataupun sistem pelaksanaan, termasuk kebutuhan dilapangan,” terangnya.

Editor: Sarono PS

Sumber: Detik.sumsel

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *