PLTS Jakabaring Dukung Kota Palembang Bebas Polusi

SWARNANEWS.CO.ID, Palembang | Pembangunan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) di kawasan olahraga Jakabaring Palembang untuk mendukung program Kota Palembang bebas polusi karena energi surya rendah emisi.

Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Selatan Nasrun Umar, di Palembang, Selasa, mengatakan kawasan Jakabaring Palembang akan dijadikan areal bebas polusi, sehingga pembangunan PLTS tersebut dinilai sangatlah tepat.

“Listrik tenaga surya bebas dari polusi, sehingga udara akan menjadi bersih,” kata dia pula.

Bahkan, lanjut dia, PLTS tersebut sebagai upaya mendukung program gas rumah kaca karena rendah emisi.

Menurutnya, pembangunan PLTS itu sangat sesuai dengan program Pemerintah Provinsi Sumsel, mengingat Jakabaring Palembang akan dijadikan areal bebas polusi sehingga semua kendaraan yang beroperasi dalam kawasan tersebut menggunakan bahan bakar rendah emisi.

Pemprov Sumsel menjalin kerja sama dengan Jepang untuk membangun PLTS dengan kapasitas 2 MW tersebut.

Menurut dia, listrik tenaga surya tersebut untuk memenuhi kebutuhan energi dalam pelaksanaan Asian Games Agustus mendatang.

Pembangunan PLTS dengan kapasitas 2 MW itu pengerjaannya terus dimaksimalkan supaya proyek kerja sama tersebut cepat selesai, ujar dia pula.

Sebelumnya, Kepala Bappeda Sumsel Ekowati Retnaningsih mengatakan pembangunan di daerah ini akan mengutamakan penyelamatan lingkungan atau pertumbuhan ekonomi hijau.

Bahkan, lanjut dia, sekarang ini telah dibuat Peraturan Gubernur tentang Rencana Induk Pertumbuhan Ekonomi Hijau yang memiliki visi antara lain penurunan gas rumah kaca.

“Yang jelas, dengan adanya udara bersih, ekosistem akan menjadi sehat sekaligus lingkungan menjadi hijau,” kata dia lagi.

editor : Sarono ps

sumber : antaranews.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *