Tol Kayuagung Palembang Harus Bisa Digunakan Saat Asian Games

SWARNANEWS.CO.ID, Palembang | Proyek pembangunan jalan tol Kayuagung-Palembang-Betung (Kapal Betung) sepanjang kiloanmeter diharapkan bisa digunakan pada saat Asian Games 2018.

Ketua Komisi IV DPRD Sumatera Selatan, RA Anita Noeringhati saat dihubungi di Palembang, Selasa mengatakan, untuk bentang jalan sepanjang 111 kilometer dengan anggaran awal Rp14 triliun. jalan utama nol kilometer sampai 33 kilometer atau sampai Palindra diharapkan segera selesai, sehingga bisa digunakan saat Asian Games 2018.

Akan tetapi, ternyata sampai di lapangan belum bisa tercukupi karena medannya lebih berat banyak rawa dan masalah pembebasan lahan belum selesai.

“Kami kemarin meninjau ke lapangan dan memang kondisi struktur tanah sudah ditimbun akhirnya banjir, mereka harus melakukan vakum sehingga anggaran melonjak dari sana,” ujarnya.

Pembangunan jalan Kapal Betung ini murni investasi dari Waskita Karya yang bekerja sama dengan beberapa perusahaan dan pada waktu itu juga ada penyertaan modal dari perusahaan yang Ogan Komering Ilir (OKI) punya.

Ini masuk wilayah OKI lebih banyak sehingga OKI ingin bagaimana jalan tol ini menjadi jalan alternatif bisa menghubungkan dari Kayuagung ke Betung.

Ia menuturkan, dari bentang 111 kilometer itu ada sekitar empat jembatan besar yang harus mereka bangun, oleh karena itu biayanya sangat besar karena menyeberangi sungai ogan dan sungai Musi.

Pokoknya ada empat sungai besar yang harus dilalui sehingga menjadikan anggaran Rp14 triliun, masih kurang sekitar Rp4 triliun sehingga totalnya menjadi Rp18 triliun.

Pembangunan jalan tol Kapal Betung ini estimasinya dapat selesai secara keseluruhan pada tahun 2019 nanti, katanya.

editor : Sarono ps

sumber : antaranews.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

9 komentar