Kuota Pembuatan SIM Secara Online Unlimited

SWARNANEWS.CO.ID, PalembangSudah dua tahun penerapan pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) Online di Kota Palembang.

Kini masyarakat lebih dipermudah dalam mengurus SIM mereka dan bisa membuat baru ataupun memperpanjang di luar domisilinya.

Untuk pembuatan SIM online itu sendiri sudah diterapkan diseluruh Indonesia, cukup mendaftar di website yang sudah disediakan oleh pihak polri di www.korlantas.polri.go.id.

Kasat Lantas Polresta Palembang, Kompol Yudha Widyatama, melalui Kanit Regiden, Iptu Rick Mozam saat ditemui, Senin (5/2) mengatakan, untuk SIM online sendiri Tidak ada pembatasan kuota dalam pembuatannya, tetap seperti biasa dan sesuai dengan schedule yang sudah diterapkan. Dan untuk saat ini pemohon pembuatan dan perpanjangan dengan angka rata-rata 100 hingga 150 jiwa pemohon.

“Kita tidak ada pembatasan kuota SIM, selain itu kita sudah melakukan sosialisai untuk masyarakat dengan mediasi melalui radio dan media cetak, walaupun masih ada masyarakat yang masih nyaman dengam cara konvensional”ujarnya.

Dengan adanya pendaftaran SIM Online ini masyarakat lebih dipermudah untuk mengisi formulir pendaftaran, tidak perlu datang ke Polres untuk mengisi data tetapi cukup isi form online dan menukarkannya dengan nomor antrean yang sudah disediakan.

“Kalau proses itu sudah selesai maka pemohon akan dimintai untuk melakukan perekaman dan tes teori serta praktek, sebenarnya sih cepat maksimal 120 menit tapi kan biasanya pemohon makan dulu sebelum tes praktek,”jelasnya.

Saat ditanyai mengenai syarat untuk pembuatan dan perpanjangan SIM, ia menjelaskan yang penting ada E-KTP dan kalaupun masih memakai KTP sementara tidak masalah asalkan sang pemohon sudah pernah melakukan perekaman di Dukcapil domisili asli.

“Kan kalau ada orang dari luar kota tapi sekarang lagi menetap di Palembang mereka bisa memperpanjang ataupun membuat SIM, asalkan ada E-KTP ataupun KTP sementara, kalau online datanya sudah terintergarsi dengan pusat,”jelasnya.

Untuk harga pun tidak ada kenaikan ataupun penurunan, Untuk pembuatan SIM A cukup bayar Rp 120 ribu tetapi kalau memperpanjang hanya Rp 80 ribu.

Untuk SIM C pembuatan baru sedikit lebih murah yaitu Rp 100 ribu dan memperpanjang Rp 75 ribu. Pembayarannya di Bank BRI.

editor : Sarono ps

sumber : sripoku.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

29 komentar

  1. canadapharmacyonline [url=https://canadapharmast.com/#]canadian medications[/url] canadian pharmacy price checker

  2. drugs from canada [url=https://canadapharmast.com/#]legal to buy prescription drugs from canada[/url] canadian pharmacy cheap

  3. best canadian pharmacy online [url=https://canadapharmast.online/#]canadian pharmacy 365[/url] canadian pharmacy drugs online