Belum Terdata Sebagai Pemilih di Pilkada 2018? Jangan Khawatir Ini yang Harus Anda Lakukan

SWARNANEWS.CO.ID, Palembang | Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Selatan (Sumsel) mengingatkan warga Sumsel untuk memastikan dirinya, sudah didata petugas untuk terdaftar sebagai pemilih pada Pilkada 2018 mendatang.

Komisioner KPU Heny Susantih mengatakan, pengecekan bisa dilakukan dengan datang ke kantor kelurahan domisili warga.

“Kami berharap masyarakat memastikan dirinya sudah didata petugas, agar masuk di DPS (daftar pemilih sementara), proaktif,” kata Heny.

Menurutnya, petugas panitia pemutakhiran data pemilih (PPDP), telah melaksanakan tugasnya melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) ke warga langsung.

Jika ada yang belum segera melapor, mengingat DPS nanti yang akan menjadi basis ditetapkannya daftar pemilih tetap (DPT).

“Sekarang ada masa tanggapan masyarakat, jadi yang belum terdaftar bisa melalui tanggapan masyarakat itu, dan KPU masih menerima,” jelasnya, seraya kepada warga untuk melaporkannya secepatnya.

Apabila dicek nama pemilih belum terdaftar, pemilih diminta segera mendaftar ke panitia pemungutan suara (PPS) di kantor kelurahan. Syarat yang harus dibawa yakni e-KTP atau surat keterangan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil serta kartu keluarga (KK) asli.

“Jadi saat ini bisa dilakukan, sebelum penetapan DPS, Setelah DPS juga masih bisa. Jadi lebih cepat lebih baik,” ingatnya.

Sementara warga kota Palembang Ardi, mengaku namanya dicoret dari ketua RT tempat tinggalnya, Namun nama istrinya dicatat oleh pihak PPDP.

“Saya bingung nama saya yang dicoret namun istri saya dicatat, dan nama saya diganti nama saudara saya yang sudah pindah dan KKnya sudah tidak disini lagi,” ujar Ardi.

Dilanjutkan Ardi, dirinya diperintahkan PPS tempatnya, untuk mendatangi ketu RT setempat, agar didata ulang lagi.

“Iya disuruh nemui ketua RT yang merangkap PPDP, namun orangnya sedang tidak ada dirumah, jadi saat ini masih menunggu kejelasan,” pungkasnya.

Sesuai jadwal penetapan DPS di Pilkada 2018 pada 16-17 Maret 2018, masa perbaikan DPS 3 -7 April, penetapan DPT 13-19 April. Ada sekitar 5,8 juta pemilih di Sumsel sesuai dengan DP4 yang diterima KPU.

editor : Sarono ps

sumber : tribunsumsel.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *