Pemkot Palembang Tingkatkan Pengelolaan Kebersihan Kota

SWARNANEWS.CO.ID, Palembang Pemerintah Kota Palembang, Sumatera Selatan akan berupaya meningkatkan pengelolaan kebersihan kota untuk mencegah penumpukan sampah di sejumlah tempat.

Pengelolaan kebersihan perlu ditingkatkan dengan memperhatikan kelancaran kegiatan pengangkutan sampah dari rumah tangga, kegiatan pasar tradisional, pertokoan, perkantoran, dan rumah sakit, kata Sekda Palembang, Harobin Mastofa di Palembang, Kamis.

Menurut dia, jumlah sampah yang dihasilkan dari berbagai kegiatan warga kota terus meningkat, sehingga perlu diimbangi dengan pengelolaan kebersihan yang baik.

Kemampuan pengangkutan sampah dari titik kumpul ke tempat pembuangan akhir akan terus ditingkatkan sesuai dengan perkembangan jumlah sampah yang dihasilkan warga kota sehingga tidak menumpuk dan menimbulkan masalah kebersihan lingkungan, katanya.

Dia menjelaskan, untuk meningkatkan pengelolaan kebersihan kota yang akan menjadi tuan rumah Asian Games 2018 itu, kemampuan petugas dalam mengangkut sampah akan didorong lebih besar lagi.

Untuk meningkatkan kemampuan pengangkutan sampah dari titik kumpul sementara ke tempat pembuangan akhir, pihaknya berupaya mengoptimalkan petugas dan armada milik Dinas Kebersihan Kota, serta mengusahakan penambahan atau peremajaan armada sampah.

Selain itu, mendorong warga kota membuat bank sampah atau mengolah sampah yang masih bisa menjadi barang yang memiliki nilai ekonomi sehingga bisa mengurangi penumpukan sampah sebelum ke tempat pembuangan akhir dan memberikan penghasilan tambahan bagi warga, kata Sekda.

Sebelumnya Wali Kota Palembang Harnojoyo yang kini cuti karena mencalonkan diri kembali pada Pilkada serentak 2018, mengatakan volume sampah di kota itu pada 2017 mencapai 1.000 hingga 1.200 ton perhari atau meningkat tajam dibanding pada tahun 2015 dan 2016 sebanyak 700-800 ton hari.

editor : Sarono ps

sumber : antaranews.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *