Buah Duku Banjiri Kota Muara Enim

SWARNANEWS.CO.ID, MUARAENIM | Panen buah duku bagi warga Muara Enim tidaklah aneh. Bahkan saat ini buah duku membanjiri kawasan kota Muara Enim sehingga harganya  anjlok.  Pantauan Swarnanews di lapangan melihat langsung pasaran  buah duku  tadinya mencapai Rp12.000/kg kali ini sudah menjadi Rp4.000/kg. Salah seorang pemilik kebun duku Rohman (65) mengatakan, sebelumnya harga buah duku masih cukup tinggi, tetapi itu tidak berlangsung lama dan turun terus drastis seperti saat ini.

“Bulan kemarin masih tinggi harganya mencapai Rp 12.000 perkilogram, tapi sekarang sudah mencapai kisaran Rp4.600-Rp5.000 perkilo,” ujar Rohman, Selasa (27/02-20018)  yang ditemui di kebun duku miliknya.

Sementara itu, Andi (48), pengepul buah duku yang berada di wilayah Ujanmas dan sekitarnya mengatakan, anjloknya harga buah duku tersebut disebabkan serentaknya panen buah duku yang berada di beberapa wilayah lain seperti di  Ogan Komering Ulu (OKU), OKU Selatan (OKUS),  Ogan Komering Ilir (OKI), dan sebagian daerah Bengkulu dan Jambi.
“Berkurangnya permintaan buah Duku dari Pulau Jawa disebabkan panen buah duku ini serentak dengan beberapa daerah lain, sehingga terjadinya penumpukan di Pulau Jawa karena semua daerah rata-rata mengirimnya ke Jakarta,” ujar Andi.
Menurut Andi, dia biasanya mengirim buah Duku ke pulau Jawa mencapai empat  truk, namun saat ini hanya dua truk.
“Sebelum harga anjlok biasanya empat mobil truk lebih mengirim ke Pulau Jawa, tapi sekarang paling banyak dua truk. Bahkan sebagian dari pengepul menjualnya ke wilayah Palembang, Bengkulu, dan Jambi karena membludaknya buah duku yang dikirim ke pulau Jawa,” ujar Andi.

Teks: Edward

Editor: Sarono PS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *