H Amsin Resmi Plt Walikota Pagaralam

SWARNANEWS.CO.ID, PALEMBANG  Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H Alex Noerdin hari ini, Rabu (14/2/2018)  telah melantik atau mengesahkan serah terima jabatan  pelaksana tugas (Plt)  Walikota dan Walikota Pagaralam yang digelar di Griya Agung.

Penyerahan Surat Keputusan pejabat sementara  dari Mendagri diserahkan oleh Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin dan telah menunjuk H.Amsin sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Daerah untuk Kota Pagaralam yang Walikota dan Wakil Walikotanya mengikuti Pilkada tahun 2018.

Terhitung hari ini, Walikota Pagaralam, Hj Ida Fitriati dan Wakil Walikota Pagaralam, Novirza Djazuli resmi melepas jabatannya sebagai Walikota dan Wakil Walikota Kota Pagaralam untuk cuti mengikuti Pilkada Pagaralam Juni 2018.

Untuk PLT menurut Gubernur, berfungsi menjalankan tugas pokok kepala daerah, dan tidak boleh berpihak dan harus netral, serta yang memenuhi persyaratan.

Dikatakan, orang nomor satu di Sumsel, tidak semua kabupaten/kota yang menyelenggarakan Pilkada Serentak akan diisi oleh pelaksana tugas. Sebab, penempatan pelaksana tugas hanya bagi daerah yang jika walikota/bupati atau wakilnya turut ikut maju sebagai peserta Pilkada.

“Bisa juga nanti wakil walikota atau wakil bupati yang tidak ikut dalam Pilkada, mereka akan kita perkuat statusnya untuk menjabat kepala daerah sementara,” jelas Gubernur Alex.

Penunjukan memang yang memiliki kriteria harus seorang pejabat senior, mulai dari tingkat eselon jabatan hingga golongan kepangkatan. Hal itu ditujukan agar pelaksana tugas kepala daerah tersebut mampu menjaga iklim kondusivitas selama penyelenggaraan Pilkada berlangsung.

Apalagi tahun ini Sumsel juga menjadi tuan rumah penyelenggaraan Asian Games,” papar Alex Noerdin, dalam sambutannya Alex Noerdin juga sempat mengatakan bahwa Pagaralam adalah Kota Wisata andalan Sumatera Selatan.

Teks : Hairul/Rina

Editor : Sarono ps

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *