Jamaah Masjid Miftahul Rahmah Maknai Peristiwa Gerhana

SWARNANEWS.CO.ID , JEJAWI| Sebagian umat Islam melaksanakan sholat gerhana pada Rabu  (31/1) malam. Demikian juga dengan jemaah Masjiid Miftahul Rahma Desa Batun Baru Kecamatan Jejawi, ratusan jemaah memenuhi masjid tanpa terkecuali anak-anak.

Peristiwa langka ini terjadi setiap ratusan tahun sekali. Menurut Ustad Arman Kemis,  yang  dihubungi pengurus   mensjid  untuk mengadakan sholat gerhana bulan secara berjamaah pada malam tersebut. Sholat dua rekaat serta mengumandangkan gema takbir sebagaimana takbir hari  raya  yang diikuti  khotbah gerhana.

Khotbah yang menjelaskan tentang keagungan Allah Subhanahu wataala karena bulan mengalami kegelapan dalam keadaan tertutup total  berwarna merah dengan ukuran lebih besar. Jarak bulan berada paling dekat dengan bumi kemudian terjadi pasang air laut menuju daratan.

Dalam khotbah tersebut  dijelaskan juga tentang kebesaran dan kekuasaan Allah disampaikan pulah syariat hakekat gerhana pada Zaman Rasululllah Sholallahu alaihi wasalam.

Hal  senada juga disampaikan Cek Din salah satu pengurus Masjid Miftahul Rahmah, hari itu  malam hari  siapapun  yang  berdoa  akan diterima, bulan akan melakukan tawaaf di sekitar ka”bah, inilah saatnya penerimaan dan doa taubat diibamah oleh Allah.

Sementara itu menurut siswa SMPN 2 Jejawi Dharma (14)  dia mengajak teman-temannya untuk ikut melaksanakan sholat Gerhana Bulan, dikatakanya dari pada teman-teman bermain yang tidak karuan lebih baik datang ke masjid mendengarkan khotbah Gerhana tentang keagungan dan kekuasaan Allah Subhanahu wata ala

Setelah melaksanakan sholat Gerhana  anak-anak berhamburan keluar Masjid mereka ingin menyaksikan suasana bulan yang gelap merah.

Teks: Damiran

Editor: Sarono PS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *