KBP. Mabes Polri Drs. Yasdan, Pembentukan Polres PALI Harus di Prioritaskan

SWARNANEWS.CO.ID, Pali Ketua Tim Mabes Polri Komisaris Besar Polisi (KBP) Drs.Yasdan Rivai M.Hum beserta Rombongan lainya mengunjungi Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI).

Dalam Rangka Kunjungan Kerja Studi Kelayakan Pembentukan Polres PALI yang berlangsung di Jalan Merdeka Kelurahan Handayani Mulya, Kecamatan Talang Ubi, Kabupaten PALI, turut hadir juga Kapolres Muara Enim AKBP Leo Andi Gunawan, Sekda PALI, Robby Kurniawan, Wakil Ketua II DPRD PALI, Darmadi Suhaimi, SH Danramil 404-03 Pendopo Talang Ubi, Kapolsek Talang Ubi, Jajaran SKPD serta para undangan lainya, selasa (13/02/2018).

Dalam hal ini KBP Mabes Polri Drs. Yasdan Rivai M. Hum menyebutkan bahwa di Bumi Serepat Serasan harus di prioritaskan dalam hal tersebut, yang mengajukan pembentukan Polres PALI cukup banyak, namun ada kategorinya, yakni prioritas dan non prioritas.

Salah satunya prioritas pembentukan Polres, makanya kami beserta rombongan datang ke PALI untuk melihat langsung bagaimana kondisi di lapangan “kata Yasdan saat di wawancarai oleh SWARNANEWS, Selasa (13/02/2018).

Yasdan menuturkan, “setelah mendengar banyaknya keinginan masyarakat PALI untuk segera dibentuk Polres, kami akan berupaya sesuai dengan ketentuan dan kebijakan, tetapi kami tidak bisa tentukan kapan waktunya karena yang menentukan bukan hanya dari Polri tetapi masih ada konstitusi lain yang terlibat”.

“Sebab, kedatangan kami kesini untuk studi kelayakan secara keseluruhan terkait pembentukan Polres, nantinya kita kaji, kemudian kita laporkan ke Kapolri, dan selanjutnya akan disampaikan ke MenPAN RB,” jelasnya.

Pada kesempatan itu juga, “Yasdan memaparkan syarat dan kriteria pembentukan organisasi Polres adalah adanya pemekaran Kabupaten, kebutuhan organisasi Polri, perkembangan gangguan kamtibmas, tuntutan masyarakat terhadap pelayanan kepolisian semakin meningkat, dukungan dari pemerintah daerah serta masyarakat, selanjutnya  memenuhi kategori nilai yang ditentukan berdasarkan klasifikasi ketentuan kewilayahan”.

“Selain itu juga ada peraturan perundang-undangan yang menetapkan pemerintah Kabupaten PALI, terpenuhi kategori nilai, ada dukungan masyarakat serta tersedianya lahan, karena TNI Polri tidak menyiapkan anggaran penyiapan lahan”, ujarnya.

Sementara itu, Bupati PALI Ir.H Heri Amalindo, MM yang menyambut dan mendampingi langsung tim Mabes Polri serta Kapolres Muara Enim mengatakan bahwa Pemerintah Daerah sudah menyiapkan lahan lebih kurang Lima hektar untuk pembangunan Polres PALI, kami telah siapkan lahan lebih kurang 5 hektar,”kata Heri disela-sela acara, Selasa (13/02/2018).

“Saya berharap Pembantukan Polres PALI  bisa segera berdiri untuk menekan angka kriminalitas di wilayah Bumi Serepat Serasan supaya di kalangan masyarakat dapat menikmati adanya Polres serta guna untuk melancarkan urusan masyarakat dalam hal apapun itu”, harapanya.

teks : DM

editor : Sarono ps

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *