KPU Prabumulih Usulkan Dua Alternatif Dapil Legislatif, Prabumulih Timur Jadi 9 Kursi

SWARNANEWS.CO.ID, PrabumulihSetelah beberapa kali melakukan rapat koordinasi bersama seluruh partai politik di Prabumulih, akhirnya Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Prabumulih mendapatkan dua alternatif daerah pemilihan (Dapil) pemilu legislatif untuk diusulkan ke KPU Pusat.

“Jadi kita sudah dapat dua alternatif dapil untuk pemilu legislatif 2019 mendatang, ini akan kita usulkan ke KPU Pusat,” ungkap Ketua KPUD Prabumulih, Muhammad Takhyul SIP melalui Komisioner Devisi Teknis, Wawan Irawan ketika diwawancarai wartawan, Jumat (2/2/2018).

Adapun alternatif dapil menurut Wawan yakni pertama tetap seperti pada pemilihan periode sebelumnya dimana Dapil 1 Kecamatan Prabumulih Barat dan Rambang Kapak tengah (RKT) dengan jumlah enam kursi, dapil 2 Kecamatan Prabumulih Utara dan Cambai dengan jumlah tujuh kursi dan dapil 3 Kecamatan Prabumulih Timur dan Prabumulih Selatan jumlah 12 kursi.

“Alternatif kedua sesuai diusulkan karena ada ketimpangan jumlah kursi makanya partai-partai minta Kecamatan Prabumulih Selatan gabung ke dapil 1 jadi Prabumulih Barat, RKT dan Selatan dengan jumlah kursi 9, dapil 2 tetap dan dapil 3 hanya Kecamatan Prabumulih Timur dengan 9 kursi,” ujarnya.

Wawan mengatakan, setelah nantinya alternatif dapil itu diusulkan ke KPU Pusat, selanjutnya akan ada tahapan uji publik pada 7 februari hingga 13 februari mendatang.

“Nanti setelah diusulkan akan diuji publik untuk mendapat masukan antara dua alternatif dan yang mana kecenderungan banyak diinginkan maka itu yang akan disampaikan dan ditetapkan KPU Pusat,” katanya.

Lebih lanjut wawan menuturkan, dalam penetapan dapil itu sendiri harus mempertimbangkan beberapa faktor atau tujuh prinsip penataan dapil.

“Kesetaraan nilai, keufitas, integritas wilayah dan lainnya, jadi tujuh prinsip itu harus diperhatikan dan tidak boleh menyimpang sesuai amanat undang-undang,” lanjutnya.

Wawan menjelaskan, pada pemilu 2019 mendatang kursi dewan tidak mengalami penambahan, hal itu disebabkan jumlah penduduk kota Prabumulih masih dibawah 200  jiwa.

“Saat ini jumlah penduduk kota Prabumulih berdasarkan data terakhir 190.913 jiwa, dengan rincian Kecamatan Prabumulih Barat jumlah penduduk 29.972 jiwa dengan alokasi 4 kursi, Prabumulih Timur 71.241 dengan alokasi 9 kursi, Cambai 18.053 alokasi 2 kursi, RKT 13.709 dengan alokasi 2 kursi, Prabumulih Utara 36.415 dengan alokasi 5 kursi dan Prabumulih Selatan 21.523 dengan alokasi 3 kursi, jadi tetap 25 kursi,” jelasnya.

editor : Sarono ps

sumber : tribunsumsel.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *