Warga Tak Mampu di Prabumulih, Gratis Bayar BPHTB di Bawah Rp 100 Juta

SWARNANEWS.CO.ID, PrabumulihPemerintah kota Prabumulih sepertinya tak berhenti berinovasi untuk mensejahterakan masyarakatnya.

Setelah beragam program pengentasan kemiskinan, dalam waktu dekat Pemerintah kota Prabumulih akan menerapkan program BPHTB (Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan) gratis.

Masyarakat yang selama ini kesulitan dalam mengurus sertifikat tanah karena harus membayar pajak BPHTB, kedepan akan dimudahkan dengan gratis pembayaran pajak jika BPHTB dibawah Rp 100 juta.

“Sekarang kita tengah merancang program untuk menertibkan administrasi pertanahan milik warga, masyarakat miskin mau membuat sertifikat tanah kesulitan membayar BPHTB.

Makanya kita tengah merancang bagaimana supaya warga dimudahkan dengan gratis membayar BPHTB sehingga bisa buat sertifikat tanah,” ungkap Walikota Prabumulih, Ir H Ridho Yahya MM, akhir pekan kemarin.

Ridho mengatakan, jika masyarakat sudah mensertifikatkan tanah masing-masing paling tidak akan memudahkan ketika hendak membuka usaha atau melakukan pinjaman di bank, sehingga bisa merubah kehidupan menuju sejahtera.

“Kita sudah bangunkan rumah baru, lengkap dengan gas kota, listrik dan sertifikat tanah bagi yang rumahnya tak layak huni serta bagi yang rumah sudah bagus kita beri alat usaha, tinggal lagi menggratiskan pembayaran BPHTB, jadi masyarakat mau buka usaha skala besar bisa melakukan pinjaman di bank,” katanya seraya berharap kehidupan masyarakat bisa berubah dan masyarakat makmur.

Ridho menjelaskan, selain membantu masyarakat tersebut pihaknya berharap dengan program yang akan dilakukan itu paling tidak akan membuat 95 persen masyarakat Prabumulih tertib administrasi dan mempunyai sertifikat tanah.

“Kita upayakan macam mana nantinya jika nilai BPHTB atas tanah masyarakat dari Rp 0- Rp 100 juta akan gratis dan jika diatasnya baru bayar, itu, itu yang lagi kita upayakan,” jelasnya.

Sementara, Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Kota Prabumulih, Drs H Jauhar Fachri Ak CA membenarkan jika walikota Prabumulih mewacanakan program gratis pembayaran pajak BPHTB bagi masyarakat miskin akan mengurus sertifikat tanah tersebut.

“Pak Wali menginginkan jika warga kurang mampu mengurus BPHTB yang membayar dibawah Rp 100 juta digratiskan dan membayar jika nilainya diatas itu, program itu sangat bagus sekali membantu masyarakat menengah kebawah,” katanya menambahkan.

editor : Sarono ps

sumber : tribunsumsel.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *