Wartawan Memiliki Tiga Keistimewaan, Kata Mensos

SWARNANEWS.CO.ID, Padang Menteri Sosial Idrus Marham menyebut ada tiga keistimewaan profesi wartawan yang ia nilai mempunyai peranan positif dalam kehidupan, termasuk pembangunan.

“Menurut saya ada tiga keistimewaan yang dimiliki wartawan. Pertama adalah fungsi mediasi, kedua informasi, dan ketiga diskusi, namun itu harus dijalankan secara profesional,” kata Idrus Mahram, di Padang, Selasa (6/2).

Ia menyampaikan hal itu saat berdiskusi dengan awak media di sumbar di sela-sela kunjungan kerja dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional 2018, serta penyerahan Program Keluarga Harapan (PKH).

Pada fungsi mediasi, katanya, wartawan adalah penghubung dalam suatu persoalan yang terjadi. Sehingga kehadirannya diharapkan membantu menemukan solusi.

Sementara pada fungsi informasi, wartawan adalah profesi untuk menyampaikan sesuatu yang diperlukan. Salah satunya program pembangunan.

Terakhir adalah fungsi diskusi, dimana menurutnya wartawan adalah tempat yang baik untuk bertukar pikiran. Baik untuk mengambil kebijakan, atau evaluasi.

Idrus memastikan kalau dirinya bukan orang yang anti dengan wartawan.

Selain karena fungsi yang positif, hal itu karena dirinya yang mempunyai pengalaman melakoni profesi itu.

“Saya adalah mantan wartawan, istri saya pun demikian. Sehingga saya paham betul profesi ini (wartawan). Namun tentu dalam koridor profesional,” katanya.

Menurutnya tidak ada hal dari kehidupan yang terlepas dari fungsi kewartawanan.

Idrus dijadwalkan menyerahkan Program Keluarga Harapan (PKH) untuk beberapa kabupaten dan kota daerah setempat, salah satunya Kabupaten Dharmasraya pada Rabu.

editor : Sarono ps

sumber : antaranews.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *