Harga Ayam Potong di Palembang Sentuh Rp. 42.000/Kg

SWARNANEWS.CO.ID, Palembang | Kurang satu minggu menjelang bulan Ramadhan harga ayam potong melambung di pasar tradisional. Seperti yang terpantau di pasar Mega Asri harga daging ayam Rp40.000/Kg.

Salah seorang pedagang ayam potong Hasan mengatakan, “Kenaikan harga ayam potong biasanya naik bertahap tapi sepekan ini harga ayam potong paling tinggi mencapai 40 ribu rupiah,” ujar pedagang ayam potong Hasan di Palembang, Sabtu (12/05/2018).

Dia menambahkan meskipun harga ayam potong mahal tetapi permintaan dari konsumen justru meningkat. Menurutnya hal ini disebabkan banyak hal, satu diantaranya karena banyak warga menggelar acara ruwahan untuk doa bersama bagi keluarga yang sudah meninggal apalagi menjelang bulan Ramadhan.

BACA JUGA  Dana Desa Sumsel Terealisasi 99,5 Persen

“Ayam potong jadi favorit lauk pauk yang dipilih dalam berbagai acara untuk dimasak menjadi ayam goreng, malbi ataupun opor,” ungkapnya.

Dia juga mengaku akibat permintaan meningkat, pernah hari Kamis (10/5) stok ayam kosong. Pedagangpun dibuat pusing karena harus mencukupi kebutuhan pelanggan.

“Kita pedagang sekarang dibatasi stok ayam, tidak boleh ambil terlalu banyak. Satu pedagang hanya boleh ambil 100 kilogram,” keluhnya.

Sementara itu harga lebih tinggi di Pasar 10 Ulu. Pedagang ayam potong menjual daging ayam potong Rp42.000/Kg.

BACA JUGA  Produksi Minyak Indonesia Tersisa 9,7 Tahun Lagi

“Dua hari sebelumnya harga ayam masih Rp40.000, tetapi karena banyaknya permintaan pembeli sedangkan stok untuk penjual dibatasi maka harga jadi naik,” kata pedagang ayam potong Betty.

Dia juga mengatakan harga modal dari pakan ayam memang mahal. Tak heran jika pedagang ikut ambil keuntungan dengan menaikkan harga.

“Bulan puasa nanti, mungkin harga tidak naik lagi. Tapi menjelang lebaran pasti harga naik lagi,” ujarnya.

editor : Sarono ps

sumber : antaranews.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait