Antisipasi Pencurian Baut, Musi IV Bakal Dipasang CCTV

SWARNANEWS.CO.ID, Palembang | Material Konstruksi jembatan, seperti baut dan besi simpul ternyata menjadi sasaran empuk bagi pencuri untuk mempretelinya.

Mengantisipasi agar kejadian pencurian tidak terus terjadi direncanakan kamera pemantau atau CCTV akan dipasang terutama pada jembatan yang saat ini tengah dibangun di antaranya Musi IV.

Kepala Satker Metropolis, Yudian melalui Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Jembatan, Suwarno menuturkan dari beberapa kejadian, ada tiga jembatan yang paling sering dicuri komponen konstruksinya.

Jembatan Musi II, Jembatan Replika Musi II serta jembatan konstruksi baja yang ada di Jalan Palembang Inderalaya. Baut yang terpasang biasanya dibuka dengan kunci pas. Kalaupun tidak bisa, bautnya juga dipotong.

“Waktu itu sudah kami las, tapi masih juga diambil dengan cara dipotong.”

“Modus mereka banyak, Biasanya mereka melepas baut lalu mengambil besi simpul yang terpasang,” ujar Kepala Satker Metropolis, Yudian melalui Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Jembatan, Suwarno

Menurut Suwarno, secara materi, pencurian komponen jembatan tidak terlalu memberikan kerugian yang begitu besar. Contohnya seperti pencurian besi simpul di Jembatan Musi II beberapa waktu lalu.

Bobot besi yang hilang itu sekitar 1,2 ton. Sehingga, kalkulasi kerugiannya hanya sekitar Rp30 juta. Namun, hilangnya besi simpul membuat usia konstruksi jembatan tidak berlangsung lama jika tidak segera diganti. Penurunan umur jembatan susut hingga 70 persen jika besi simpulnya dibiarkan hilang.

“Kalau jembatan diprediksi usianya 50 tahun, Hilangnya besi simpul bisa membuat usia jembatan hanya 15 tahun.”

“Sebab, besi simpul berfungsi sebagai penyeimbang jika konstruksi jembatan bergoyang saat dilewati kendaraan tonase berat,” ungkapnya.

Suwarno menegaskan pihaknya menanggapi dengan serius permasalahan tersebut. Untuk itu, pihaknya sudah membuat laporan ke kepolisian agar pelaku bisa segera tertangkap.

Untuk tindak lanjut guna mengantisipasi agar kejadian serupa tak terulang, sejumlah kamera CCTV di beberapa jembatan besar rencananya juga akan dipasang. Pemasangan CCTV, baru akan dilakukan di tiga jembatan besar yakni Ampera, Musi II dan Replika Musi II.

“Jembatan Musi IV nantinya juga bakal kami pasangi CCTV. Hal ini untuk mencegah pencurian komponen jembatan terulang lagi,” katanya.

Tanpa Akses Pendekat

Jembatan Musi IV ditargetkan saat Asian Games bisa dilalui. Namun untuk sementara tanpa akes pendekat yaitu hanya sampai Jalan Azhari.

“Untuk pembangunan Jembatan Musi IV tak ada masalah, sehingga saat Asian Games InsaAllah kalau tidak ada kendala bisa dilalui,” ujar Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Jembatan Metro Suwarno.

Lebih lanjut ia mengatakan, awalnya memang sampai Jalan A Yani. Namun untuk sementara sampai Jalan Azhari dulu. Nanti setelah Asian Games baru dilanjutkan kembali pembangunannya.

“Untuk progres sudah 80 persen. Saat ini kontraktor di lapangan tengah fokus dalam pengerjaan konstruksi yang berada di tengah Sungai Musi yaitu melakukan pengerjaan box girder atau bentang tengah,” ujarnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, untui pemasangan box grider saat ini sudah menyelesaikan 8 segmen dari total 18 segmen yang harus dikerjakan. Artinya masih tersisa 10 segmen lagi. Nantinya setelah selesai untuk box grider dan akan dilanjutkan pengerjaan pengaspalan dan perapian.

“Target kita akhir Juli selesai,” ungkapnya.

editor : Sarono ps

sumber : tribunsumsel.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *