Jantung Penyakit Tertinggi Dialami Lanjut Usia

SWARNANEWS.CO.ID, Palembang | Menteri Kesehatan, Nila Djuwita F Moeloek mengatakan penyakit degeneratif yang menjadi momok bagi masyarakat khususnya lanjut usia (lansia) adalah jantung dan diabetes.

“Penyakit jantung ini angkanya tertinggi dari seluruh indonesia, untuk menekan angka ini semakin tinggi, pemerintah menjalani program gerakan masyarakat dengan hidup bersih dan menjalani pola hidup sehat,” kata Nila Moeloek usai membuka seminar nasional kesehatan lanjut usia di Griya Agung Palembang, Rabu.

Dia juga mengatakan pola hidup sehat ini harus dilakukan sejak dini sebab usia merupakan faktor risiko besar dari berbagai penyakit.

“Penuaan merupakan dampak penumpukan dari berbagai kerusakan molekuler dan seluler dari waktu ke waktu,” tambahnya.

Dijelaskannya, usia yang semakin tua menyebabkan penurunan kapasitas fisik dan mental, meningkatkan risiko penyakit kemudian berujung kematian. Perubahan ini bersifat tetap dan bervariasi yang dapat berubah.

Usia tua seseorang tidak mengahalangi untuk selalu aktif secara fisik sehingga memberikan manfaat kesehatan jantung dan metabolisme tubuh.

Selain itu aktif secara fisik juga dapat membantu mengontrol berat badan dan mencegah penyakit kronis karena aktivitas fisik dapat melatih kekuatan dan keseimbangan  untuk mendukung kesehatan.

editor : Sarono ps

sumber : antaranews.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *