Jelang Ramadhan, BPOM Temukan Makanan Berbahaya di Lorong Basah

SWARNAEWS.CO.ID, Palembang Jelang bulan suci Ramadhan dan even besar Asian Games, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Palembang terus melakukan pengawasan terhadap para pedagang makanan di Kota Palembang.

“Hari ini kita sengaja lakukan pembinaan kepada pedagang di Lorong Basah Night Culinary dengan cara melakukan sampling terhadap makanan yang dijual disini,” ujar Kepala BPOM, Dra Dewi Prawitasari Apt MKes, Selasa (15/05) malam.

Dirinya juga mengatakan, dalam kegiatan tersebut pihaknya menemukan salah satu jenis jajanan yang mengandung bahan membahayakan.

“Dari hasil sampling, kita tadi menemukan jajanan yang mengandung formalin, yaitu model, karena model itu kan mengandung tahu. Intinya tahu, baik di empek- empek serta tahu di model, tapi yang lainnya gak ada yang saya temukan,” ungkapnya.

Kepada penjual, pihak BPOM meminta informasi terkait lokasi tempat awal pembelian jajanan untuk melakukan penelusuran agar jajanan yang mengandung formalin tersebut tidak beredar luar di Kota Palembang.

“Ternyata pemiliknya ini pun tidak membeli langsung, tapi menyuruh pembantunya. Jadi tadi kita meminta informasi dimana lokasi tempat pembelian sebenarnya agar kita dapat menelusuri lokasi sebenarnya,” katanya.

Sementara, untuk sanksi yang akan diberikan, BPOM mengatakan pihaknya tidak memiliki wewenang. Ia mengatakan, pihak yang berwewenang untuk memberikan sanksi kepada para pedagang jajanan yang menyalahi aturan tersebut, yaitu pihak Pemerintah Daerah (Pemda).

“Disini kita hanya meminta pernyataan dari pedagang tersebut untuk tidak menjual itu lagi, karena disini mereka tidak sengaja serta tidak tahu. Jika mereka bandel baru akan dikenakan sanksi, dan sanksi tersebut juga bukan kita yang memberikannya. Karena ini kan di wilayah Kota Palembang, jadi Pemkot Palembang ” pungkasnya.

editor : Sarono ps

sumber : detiksumsel.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *