Kalidoni Juara I Lomba Kelurahan Tingkat Kota Palembang

SWARNANEWS.CO.ID, PALEMBANG Pemkot Palembang kembali mengevaluasi perkembangan desa/kelurahan terutama Kelurahan Kalidoni, yang akan diikutkan dalam lomba tingkat Provinsi Sumatera Selatan.

Acara berlangsung di Kelurahan Kalidoni Kecamatan Kalidoni Palembang bertempat di Jl. Letkol HM Effendi No.1 Rt..Rw.07, Kalidoni, Sri Mulyo, Palembang, Kota Palembang.

Kegiatan itu sekaligus syukuran atas suksesnya Kelurahan Kalidoni menjadi Juara 1 Lomba Kelurahan tingkat Kota Palembang.

Sekda Kota Palembang Harobin Mustofa memuji warga Kalidoni bisa mengatasi sampah menjadi bermanfaat.  Kelurahan Kalidoni memiliki Tempat Pengolahan Sampah (TPS) 3R, bisa menghasilkan BBM dan mengolah sampah organik menjadi pupuk kompos, kemudian  gotong royong Kelurahan Kalidoni berjalan dengan baik.

Kecamatan Kalidoni tak ingin ketinggalan menyambut pesta olahraga Asian Games. Sehingga, sekitar lingkungan ini sekarang dipoles cantik. Tampak dinding, rumah, pagar, parit, pintu gerbang gapura hingga badan jalan dicat warna warni.

“Hal ini dalam rangka menunjang program Kecamatan Kalidoni yaitu membuat miniatur Palembang EMAS (Elok, Madani, Aman, Sejahtera) di Kelurahan Kalidoni. Dengan begitu akan tergambar suasana Palembang emas,” ujar Harobin.

Bukan hanya itu lingkungannya bersih, fasilitas tempat sampahnya ada, serta fasilitas ketersediaan keamanan seperti poskamling, dan masalah religi  Menurutnya kondisi di era politik sekarang ini, keanekaragaman suku agama dan ras dapat dimanfaatkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab untuk memicu terjadinya konflik yang berbau SARA.

“Itulah mengapa imam kelurahan mempunyai tugas yang cukup penting karena mereka memonitoring mengawasi dan memberikan pembinaan serta pelayanan keagamaan di masyarakatnya agar tidak terjadi konflik,” jelasnya.

UMK juga menjadi prioritas di dalam anggara yang cukup agar bisa mengembangkan dan terbukti Kelurahan Kalidoni tidak memanjakan warganya tapi menjadikan warga agar bisa berinovasi

Kelurahan Kalidoni sudah baik dan bersih dengan program Harnojoyo gotong royong dan safari shubuh, kewilayahan yang luas, aman dan damai.

Di kelurahan ini ada 1.000 hektar tanaman padi, ada  tanaman bawang dan hasilnya bisa dijual sehingga bermanfaat. Lurah Kalidoni Dan Iqbal atau yang akrab dipanggil Daniq mengatakan, warga sangat antusias menyambut helatan tersebut. Dikomandoi oleh RT secara bersama mereka bahu membahu, gotong royong atas dana swadaya masyarakat.

Pengerjaannya dimulai Minggu (13/4) dan dikerjakan bertahap hingga saat ini. Ia memuji partisipasi masyarakat ini patut diacungi jempol. Karena antusiasnya ditunjuk sebagai lokasi miniatur Palembang EMAS. “Sesuai visi Wali Kota Palembang yang Elok, Madani, Aman, dan Sejahtera,” jelasnya.

Harobin juga mengharapkan agar Kelurahan  Kalidoni bisa menjadi contoh untuk kelurahan-kelurahan dan kecamatan-kecamatan lainnya.

Teks/Foto: Devi Adelia

Editor: Sarono PS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *