Laksamana Siwi Sukma Adji Resmi Jadi KSAL

Presiden menyematkan tanda pangkat bintang empat ke bahu Siwi.

SWARNANEWS.CO.ID,  JAKARTA |Presiden Joko Widodo melantik Laksamana Madya TNI Siwi Sukma Adji sebagai Kepala Satuan Angkatan Laut (KSAL) yang baru untuk menggantikan Laksamana Ade Supandi. Terpilihnya Siwi Sukma Adji sebagai pengganti Ade Supandi berdasarkan Keputusan Presiden No 43/TNI/Tahun 2018 tentang pemberhentian dan pengangkatan jabatan KSAL.

“Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya untuk diangkat pada jabatan ini, baik langsung maupun tidak langsung, tidak akan menerima dengan rupa atau dalih apapun juga. Tidak memberi atau menyanggupi akan memberi sesuatu pada siapapun juga,” ucap Adji saat mengucapkan sumpah jabatan di Istana Negara, Rabu (23/5).

Setelah pembacaan sumpah jabatan, Presiden Jokowi menyematkan tanda pangkat bintang empat di bahu Adji. Pangkat Adji pun naik menjadi Laksamana. Adji kemudian menandatangani berita acara pelantikan. Presiden Jokowi juga menandatangani dokumen yang sama. Pada saat penandatanganan dihadiri Panglima TNI dan Kapolri sebagai saksi.

Prosesi pelantikan ini diakhiri dengan pengucapan selamat kepada Adji, baik oleh Presiden Jokowi, Wakil Presiden Jusuf Kalla, maupun tamu undangan yang hadir.

Siwi yang lahir pada 14 Mei 1962 merupakan lulusan Akademi Angkatan Laut tahun 1985. Beberapa jabatan yang pernah diemban selama ini, diantaranya sebagai perwira bahari di KRI OWA-354, Kepala Departemen Operasi KRI Untung Suropati-372, Palaksa KRI Teluk Sampit-515, Komandan KRI PRB-728, Komandan KRI STS-376, Komandan KRI Nala, Komandan KDA, Komandan Lanal Pontianak, Komandan Selapa Pusdikopsla, Komandan Satran Koarmatim, Asrena Pangkolinlamil, Asops Pangarmabar, dan Komandan Guskamlatim.

Sementara Ade Supandi akan pensiun pada 1 Juni 2018. Ade menjabat sebagai KSAL sejak 31 Desember 2014. Sebelum menjadi KSAL, Ade pernah menjadi Gubernur AAL pada 2010. Lalu pada tahun 2011, ia menjadi Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur. Pada 2012, Ade menjadi Asrena KSAL. Pada 2014, ia menjabat sebagi Kasum TNI.

Sumber: Republika

Editor: Sarono PS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *