Pemprov Segera Daftarkan Pulau Meba

SWARNANEWS.CO.ID, PalembangWilayah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) ternyata masih memiliki pulau yang belum diberi nama. Meski belum memiliki nama, namun pulau ini telah dihuni oleh masyarakat dan memiliki lima desa yang berbeda kabupaten.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Biro (Karo) Pemerintahan dan Otonomi Daerah (OTDA) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel, Darul Effendi, mengungkapkan, pulau ini mempertemukan dua kabupaten yakni Kabupaten Muara Enim dan Kabupaten Banyuasin. Sehingga untuk menyepakati nama pulau tersebut, pihaknya telah mempertemukan kedua perwakilan dari masing-masing kabupaten tersebut.

“Berdasarkan kesepakatan dari dua kabupaten, pulau ini dinamakan Pulau Meba (Muara Enim-Banyuasin). Sebelumnya pulau ini belum mempunyai nama, maka kita pertemukan untuk menyepakati memberikan nama,” ucap Darul.

Darul menambahkan, pulau yang dikelilingi oleh aliran Sungai Musi dan Sungai Meriak ini akan segera didaftarkan dalam nama-nama rupa bumi. “Kita akan register Pulau Meba ke Menteri Dalam Negeri (Mendagri) untuk masuk dalam nama-nama rupa bumi. Kita akan daftarkan secara nasional,” jelasnya.

Darul juga menegaskan jika pemberian nama pulau ini tidak akan mengubah peta Provinsi Sumsel. “Hanya nama pulaunya saja yang kita beri nama, petanya tidak berubah,” tegasnya.

Meski sudah dihuni, namun masyarakat yang tinggal di pulau tersebut tidak mengetahui jika pulau tersebut belum memiliki nama. Bahkan saat mengurus administrasi kependudukan, masyarakat mengurus di kabupaten masing-masing.

“Misalnya masyarakat yang berada di Banyuasin mengurus administrasi kependudukan di Kabupaten Banyuasin, begitu juga yang berada di wilayah Kabupaten Muara Enim,” terangnya.

Untuk mata pencaharian masyarakat di pulau tersebut, didominasi di sektor pertanian dan perairan dengan aktivitas sehari-hari membajak sawah. “Kalau air sedang pasang, barulah mereka mencari ikan,” tandasnya.

editor : Sarono ps

sumber : palpres.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *