Pemprov Sumsel an BPOM Bentuk Tim Jejaring Keamanan Terpadu

SWARNANEWS.CO.ID, Palembang Pemerintah Sumatera Selatan melakukan kerjasama dengan Balai Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) di Palembang.

“Kami menyebutnya tim jejaring keamanan pangan terpadu,” ujar Kepala Balai BPOM Palembang, Dewi Prawitasari usai Rapat Perjanjian kerjasama antar Pemerintahan Provinsi Sumsel dengan Balai BPOM di Palembang di Ruang Rapat Bina Praja, Rabu (23/5/2018).

Lebih lanjut ia menjelaskan, perjanjian kerjasana ini merupakan tindak lanjut dari kesepakatan kerja sama yang telah ditanda tangani Gubernur dan Kepala BPOM, karena MOU ini hanya satu tahun maka harus segera disusun hal-hal yang akan dilakukannya.

“Tujuan kerjasama ini untuk meningkatkan efektifitas pengawasan obat dan makanan.

Khusunya untuk pengawasan, pembinan dan pengendalian makanan segar, olahan dan siap saji,” ujarnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, untuk makanan segar seperti buah, ikan, sayur, telur dan lain-lain. Lalu kalau yang olahan ada nomor ijin IRT, ada keterangan kadarluarsanya dan lain-lain. Sedangkan kalau makanan siap saji seperti jajanan yang ada di pasar misal pempek, kue dan lain-lain.

“Artinya kami dengan dinas terkait lain, ingin melindungi masyarakat agar terlindungin dari pangan yang berbahaya. Pengawasan terpadu ini tidak dilakukan satu instansi tapi banyak instansi, sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing,” bebernya.

editor : Sarono ps

sumber : tribunsumsel.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *