Palembang Pengguna Data Terbesar di Sumatera

SWARNANEWS.CO.ID, Palembang | Tahun ini, puncak konsumsi data diprediksi terjadi pada malam takbiran atau H-1 jelang lebaran. Konsumsinya bahkan bisa di atas 1.400 terabite (TB) atau naik hampir 54 persen dibandingkan tahun lalu di kisaran 543 TB.

Kenaikan konsumsi data tertinggi diprediksi terjadi di Sumatera dibandingkan wilayah lain. Demikian diungkapkan General Manager Sales Regional Sumbagsel Telkomsel Gatot P Utomo didampingi General Manager ICT Operation Region Sumbagsel Telkomsel Ahmad Wahyudi di ruang kerjanya, Selasa (05/06).

Ia mengatakan, puncak penggunaan data akan terjadi di sejumlah titik. Namun yang paling besar ada di pusat keramaian seperti Mesjid Agung dan sejumlah mal-mal besar. “Biasanya tertinggi di mesjid Agung dan mall pada malam takbiran,” katanya.

Menurutnya, Palembang menjadi kota dengan konsumsi data tertinggi di wilayah Sumatera, sementara secara nasional berada pada urutan kelima di Indonesia.

Tingginya penggunaan data karena berbagai faktor, diantaranya semakin melonjaknya penetrasi headseat 4G, pengguna data sangat bersama, media sosial sudah menjadi lifestyle dan harga paket makin murah. “Empat faktor ini yang jadi pemicu naiknya penggunaan data,” katanya.

Sedangkan untuk voice atau suara diprediksi juga naik, namun kenaikannya hanya sekitar 3,5 persen. Diketahui untuk memenuhi kebutuhan komunikasi menyambut Lebaran ldul Fitri, Telkomsel telah melakukan peningkatan kualitas Jaringan Jauh hari sebelum Ramadhan.

Untuk menghadapi mudik lebaran, Telkomsel telah mengidentifikasi sebanyak 198 hotspot atau POI (Point of Interest) se-Sumatera yang meliputi bandara, terminal bus, stasiun kereta, dermaga, rumah sakit, area padat populasi, pasar tradisional, dan mall.

Ia menambahkan, untuk memaksimalkan kapasitas di lokasi-lokasi tersebut, Telkomsel menyiagakan sebanyak 10 unit compact mobile base station (Combat) atau mobile BTS untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan dalam berkomunikasi dan mengakses data.

“Kami sengaja melakukan kesiapan jaringan sejak jauh hari sebelum memasuki bulan Ramadhan, agar kenyamanan pelanggan tetap terjaga. ini adalah bentuk komitmen Telkomsel memberikan layanan terbaik, terutama di berbagai jalur dan lokasi yang akan dipadati pemudik maupun wisatawan, sehingga dapat memenuhi kebutuhan komunikasi pelanggan saat momen lebaran,” jelasnya.

Trafik layanan data atau payload pada puncak Ramadhan dan Idul Fitri (RAFI) tahun ini diproyeksi sekitar 3,6 TB atau naik lebih 49 persen dibandingkan puncak RAFI tahun lalu. Sementara itu, trafik layanan suara pada puncak Ramadhan dan idul Fitri tahun ini diproyeksi lebih dari 696 mm per hari, sedangkan trafik SMS diperkirakan menembus lebih dari 68 juta SMS per hari pada puncak RAFI kali ini.

Selain itu, Telkomsel juga menghadirkan posko mudik dan titik layanan di lokasi-lokasi POI yang telah teridentifikasi agar kebutuhan komunikasi pelanggan tetap terjaga. Selain itu seluruh channel pelayanan existing.

editor : Sarono PS

sumber : detiksumsel.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *