Penghitungan dan Pelipatan Surat Suara oleh 150 Personil Bantu KPU.

SWARNANEWS.CO.ID, Palembang Surat Suara (SuSu) yang digunakan untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Palembang telah tiba di kantor Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Palembang, Minggu (10/6).

Susu pilkada Kota Palembang tersebut akan dicek terlebih dahulu dengan dilakukan penghitungan sekaligus pelipatan oleh 125 hingga 150 personil yang ditugaskan membantu KPU.

“Untuk surat suara Pilwako akan dimulai Senin  hingga hari Kamis mendatang dengan melibatkan 125 hingga 150 personil.”

“Penghitungan tersebut dilakukan oleh pihak ketiga disaksikan pihak Panwaslu dengan penjagaan ketat pihak kepolisian,” ujar Rudiyanto Pangaribuan salah satu Komisioner KPUD Palembang.

Lanjut Rudiyanto, surat suara yang dicetak di Bekasi, sebanyak 1.142.426 lembar tiba, melalui pengawalan ketat Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) dan pihak Kepolisian. Sebelumnya saat melintas di daerah provinsi Lampung trucuk yang membawa kertas suara mendapat lemparan batu sehingga sempat membuat bus berhenti.

“Alhamdulillah surat suara dari percetakan di Bekasi sudah tiba. Selanjutnya akan kita hitung dan kita simpan di gudang kita (KPUD kota Palembang) lantai 3,” bebernya.

“Jika ditemukan kertas suara yang rusak KPUD kota Palembang akan melakukan klaim pergantian ke percetakan. Begitu juga jika terdapat kekurangan kertas suara dalam akan ditambahkan atau diganti pihak percetakan dengan membawaa bukti kerusakan,” imbuhnya.

Nantinya usai penglipatan kertas suara akan disebar ke 2804 TPS yang ada mulai tanggal 19 hingga H-1 sesuai tahapan.

“Yang jelas H-1 kertas suara sudah sampai  di 2804 TPS yang ada,” ucapnya.

editor : Sarono PS

sumber : sripoku.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *