2019, Listrik Energi Sampah Bakal Hadir di Palembang

SWARNANEWS.CO.ID, PALEMBANG| Pentingnya menjaga kebersihan serta menjaga lingkungan dari kotornya sampah memang telah disadari oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang walau saat itu belum mempunyai solusi yang pas untuk menanganinya.

Kali ini Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda membeberkan bahwa pemerintah kota telah menemukan solusi terbaik untuk penanganan perihal sampah yang berserakan di titik- titik sudut kota Kota Pempek ini.

Saat ditemui di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palembang, Rabu (11/7) seusai menghadiri rapat Fitrianti menjelaskan temuan baru penyelesaian persoalan sampah bekerja sama dengan pihak luar yakni Jepang.

“Dalam hal ini kami telah lakukan penelitian beserta jajak pendapat serta bersama-sama beberapa negara maju lainnya seperti Jepang guna hadapi permasalahan sampah ini, serta bagaimana agar sampah menjadi bernilai, dan kami juga sudah mendapatkan solusi berupa mengolah limbah sampah menjadi sumber energi listrik baru untuk Kota Palembang. Dan ini memang tak bisa hanya menyalahkan masyarakat, karena sampah yang melimpah dan terkadang Dinas Kebersihan dan Lingkungan memberikan bak sampah yang jumlahnya terbilang kurang untuk tampung sampah yang membludak diberbagai titik disudut kota,” terang Finda sapaan akrabnya.

Menurutnya, tahun 2019 Pekot Palembang akan kerjasama dengan dinas terkait di kota ini beserta Negara Jepang untuk pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Sampah, serta menjadikan sampah memiliki nilai ekonomi yang tinggi.

Finda menambahkan, nantinya energi yang dihasilkan dapat pula dinikmati secara nyata oleh masyarakat, tetapi kali ini diharapkan untuk sementara seluruh elemen masyarakat dan Pemerintah kota ataupun provinsi bekerjasama dalam menjaga kebersihan lingkungan Kota Palembang.

Teks : Ridho
Editor : Sarono PS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *