Sambutan Indonesia Buat Kontingen Palestina Merasa di Rumah

Indonesia terus mendukung perjuangan Palestina.

SWARNANEWS.CO.ID, SLEMAN |Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengungkapkan apresiasi yang diberikan Komite Olimpiade Palestina. Apresiasi disampaikan atas kehangatan yang kontingen mereka rasakan selama berlaga di Asian Games 2018.

Apresiasi diberikan langsung Ketua Komite Olimpiade Palestina, Jibril Mahmoud Muhammad Rajoub saat diterima Presiden Joko Widodo di Istana. Pada kesempatan itu, Palestina memberikan penghargaan tinggi untuk Indonesia.

“Apresiasi tanggapan hangat publik Indonesia atas delegasi Palestina, lebih dari 80 atlet untuk 14 cabang olah raga mereka hadir, mereka mengaku seperti berada di rumah mereka sendiri,” kata Retno di Balai Senat UGM, Kamis (23/8).

Hal itu disampaikan saat Retno Marsudi menjadi pembicara kunci di Kongres Pancasila X yang digelar Universitas Gadjah Mada. Retno membawakan materi bertema “Peran Indonesia Dalam Upaya Mewujudkan Perdamaian Dunia”.

Palestina turut menyampaikan penghargaan atas konsistensi yang selama ini nyata diberikan Indonesia atas perjuangan Palestina. Terlebih, tidak banyak negara dunia yang sekonsisten Indonesia yang mendukung mereka.

BACA JUGA  Indonesia Juara Grup A Setelah Tundukkan Hong Kong

Usai pertemuan, Retno mengungkapkan, ada dua pesan yang disampaikan Presiden Joko Widodo. Pertama, tentang gelaran Asian Games yang mampu menjadi energi baru persatuan Palestina.

photo

Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi mengenakan syal bergambar bendera Palestina dan Indonesia.

Kontingen Palestina dalam ajang olah raga terbesar di Asia itu terdiri dari berbagai daerah, mulai dari Tepi Barat, Gaza, sampai diaspora Palestina. “Kedua, semangat Asian Games hendaknya dapat dijadikan energi baru dalam perjuangan bangsa Palestina,” ujar Retno.

Terkait perjuangan mewujudkan kemerdekaan, Retno menegaskan prinsip Indonesia yang telah memahami jalan Palestina pasti berliku, terjal dan masih panjang, terutama, dalam mengenyahkan pendudukan dan penjajahan yang mereka terima.

Tapi, itu tidak membuat niat Indonesia memberikan bantuan semaksimal mungkin mewujudkan kemerdekaan Palestina surut. Bahkan, ia menekankan, Indonesia akan senantiasa memberikan beragam dukungan.

“Jadi tidak cuma konsisten, untuk ekonomi misalnya, kita berikan tarif nol untuk beberapa produk Indonesia, lalu ada dukungan pemberdayaan, beasiswa dan pembangunan kapasitas,” kata Retno.

BACA JUGA  Bekerja Sepenuh Hati Untuk Asian Games, Agnes Rahawarin Bangga

Bagi Retno, pembangunan rumah sakit Indonesia di Palestina, menjadi salah satu bukti sahih kedekatan dua bangsa. Dia pribadi sedang membantu gerakan penggalangan dana untuk pengembangan rumah sakit Indonesia.

Ditemui usai acara, Retno mengingatkan perjuangan itu merupakan perjalanan yang panjang. Artinya, forum yang akan digunakan banyak, dan apa pun forum yang bisa digunakan untuk membela Palestina akan senantiasa diberikan.

Nah, pada saat Asian Games ini, juga memberikan forum, memberikan platform bagi mereka untuk memperkukuh persatuan di antara mereka,” ujar Retno.

Bahkan, kontingen terdiri dari atlet-atlet berbagai daerah di Palestina. Dengan gabungan ini, diharap tumbuh rasa persatuan yang penting untuk perjuangan Palestina.

“Dengan mereka tampil di Asian Games ini juga memberikan energi baru yang dapat digunakan untuk terus memperjuangkan perjuangan bangsa Palestina,” kata Retno menuturkan.

Sumber: Republika

Editor: Sarono PS

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait