Zona Pemasangan APK, Pemkot yang Tentukan

SWARNANEWS.CO.ID, PALEMBANG | Terkait titik-titik zona pemasangan pada alat peraga kampanye (APK) menjelang Pemilu Pileg dan Pilpres 2019, pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) kota Palembang meminta Walikota untuk mengintruksikan camat dan lurah.

“Ini karena banyaknya menerima laporan masyarakat terkait maraknya Alat Pegara Kampanye (APK), yang digunakan para peserta pemilu Pileg dan Pilpres 2019 mulai semeraut memenuhi sudut-sudut kota. Hal ini diungkankan Komisioner KPU Palembang Divisi SDM & Partisipasi Masyarakat Abdul Karim Nasution, Rabu (24/10).

“Komisi Pemilihan Umum Kota Palembang sendiri belum bisa menentukan titik pemasangan APK (Alat Peraga Kampanye), pasalnya sampai saat ini KPU Kota Palembang belum mendapatkan data dari pemerintah Kota Palembang,” ujarnya.

Menurutnya, bulan September kemarin, pihak KPU telah menyampaikan kepada pemerintah kota Palembang. Dari 18 Kecamatan baru 13 Kecamatan yang kami dapatkan data. Sisanya ada Lima kecamatan seperti Kecamatan Gandus, Alang-Alang Lebar, Kalidoni, Jakabaring dan Sematang Borang.

“Ya, sampai saat ini pihak KPU kota Palembang belum menerima data-data dari lima kecamatan beserta lurah-lurahnya,” terangnya.

Lebih lanjut, pria yang akrab disapa Bang Karim ini menyampaikan, untuk titik-titik lokasi kampanye pihak KPU Kota Palembang belum menetapkan karena sedang menunggu instruksi camat dan lurah, sebab mereka yang punya wilayah.

“Kami tidak bisa menetapkan sendiri tanpa adanya data dari pemerintah Kota Palembang. Untuk itu posisi KPU Kota Palembang masih menunggu penetapan,” paparnya.

Menurutnya, aturan APK dari peserta pemilu itu dilakukan sesuai Perwali 17 Tahun 2017 tentang aturan tempat-tempat yang tidak dibenarkan untuk memasang atribut kampanye partai politik.

“Saya berharap dalam surat keputusan itu agar di segerakan sehingga para peserta pemilu mendapatkan kejelasan sehingga mereka dibenarkan dalam memasang alat peraga kampanye yang disediakan untuk mereka,” tutupnya.

Tek : Herwanto
Editor : Sarono PS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

8 komentar

  1. First off I want to say fantastic blog! I had a quick question that I’d like to ask if you don’t mind. I was curious to know how you center yourself and clear your thoughts before writing. I have had a hard time clearing my mind in getting my thoughts out. I do enjoy writing but it just seems like the first 10 to 15 minutes are wasted just trying to figure out how to begin. Any ideas or tips? Cheers!